Sempat Kembalikan Surat Suara, Anies: Ujungnya Robek

| 14 Feb 2024 11:15
Sempat Kembalikan Surat Suara, Anies: Ujungnya Robek
Surat suara anies sobek (Dok: ERA/Flori Anastasia)

ERA.id - Calon presiden nomor urut satu, Anies Rasyid Baswedan telah menggunakan hak suaranya dalam pemilu serentak yang dilakukan pada Rabu (14/2/2024). Saat berada di bilik suara, Anies sempat kembali ke meja petugas dan mengembalikan surat suara.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, hal itu dia lakukan lantaran ada salah satu surat suara yang bagian ujung kertasnya robek. 

"Robek, jadi ujungnya robek sehingga dikembalikan," kata Anies usai mencoblos di TPS 60 Cilandak Barat, Cilandak, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. 

Sebagai informasi, dalam Pemilu 2024, ada lima kertas suara yang harus dicoblos pemilih. Rinciannya, yakni surat suara presiden dan wakil presiden yang menggunakan kode warna abu-abu, surat suara DPR menggunakan kode warna kuning, surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang menggunakan kode warna merah, surat suara DPRD tingkat provinsi yang menggunakan kode warna biru, dan surat suara DPRD tingkat kabupaten/kota yang menggunakan kode warna hijau. 

Anies mengungkapkan, surat suara yang robek itu merupakan surat suara dengan kode warna biru. Ia memastikan bahwa kondisi itu terjadi bukan karena sudah dicoblos, melainkan kelalaian saat membuka surat suara.

"Bukan robek dicoblos ya, kelihatannya ketika membuka itu (tidak sengaja robek)," jelas Anies.

Diketahui, Anies mencoblos di TPS 60, Cilandak Barat, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Dia berangkat bersama ibu, istri, dua anaknya, dan menantu. Mereka kompak mengenakan baju putih.

Jarak rumah Anies ke TPS yang dituju sekitar 300 meter. Mereka berangkat dengan cara berjalan kaki. Anies tampak mendorong kursi roda sang ibu.

Rekomendasi