Orasi Anies di JIS: Kembalikan Indonesia sebagai Negeri yang Tidak Menakutkan

| 10 Feb 2024 19:30
Orasi Anies di JIS: Kembalikan Indonesia sebagai Negeri yang Tidak Menakutkan
Anies Baswedan di JIS, Sabtu (10/2/2024). (Istimewa)

ERA.id - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan mengajak seluruh pendukungnya untuk menggunakan hak suara saat pencoblosan 14 Februari 2024. Dia mengingatkan pentingnya setiap suara yang diberikan untuk mewujudkan perubahan lebih baik di masa mendatang.

"Empat hari lagi bangsa ini akan menentukan arah, empat hari lagi bangsa ini akan menentukan perjalanan ke depan. Kita harus bekerja keras menyongsong kesempatan untuk perubahan dan itu artinya menjangkau semua empat hari ke depan, dan itu artinya menjaga suara di TPS-TPS," kata Anies saat berpidato dalam kampanye akbar di JIS, Sabtu (10/2/2024).

Anies meyakini bahwa masyarakat Indonesia merupakan individu yang kuat dan mampu menjadi penjaga ketangguhan Republik Indonesia. Ia pun menitipkan pesan kepada publik untuk mengawal dan melawan berbagai intimidasi maupun penggiringan opini pemilu satu putaran oleh salah satu pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden.

"Ketika terdengar kabar bahwa di hari-hari ke depan akan ada operasi-operasi, mulai dari intimidasi, mulai dari penggiringan opini satu putaran untuk salah satu paslon, saya percaya rakyat Indonesia akan menghadapinya dengan hati nurani, akan melawannya dengan hati nurani dan akan menunjukkan bahwa kamilah yang menentukan arah masa depan, rakyatlah yang menentukan arah masa depan, bukan segelintir orang di ruang tertutup yang tak terlihat dari publik," tegas Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga berharap, peran masyarakat saat pemungutan suara dalam Pemilu 2024 nantinya bisa membawa Indonesia kembali menjadi negara yang tidak menakutkan.

"Semua akan keluar dari 14 Februari dengan rasa hormat karena menjaga etika, menjaga adab, menjaga kehormatan dan kita nanti akan bilang, kita akan bisa mengatakan 'Wakanda no more, Indonesia forever'," jelas Anies.

"Kita kembalikan Indonesia sebagai negeri yang tidak menakutkan kepada siapa pun, negeri yang tidak mengancam kebebasan mengkritik kepada yang sedang memegang kewenangan negeri, yang memberikan kebebasan mengungkap untuk siapa pun yang mencintai Indonesia," sambungnya.

Rekomendasi