Polri Klaim Pemungutan Suara Pemilu 2024 Berjalan Aman dan Kondusif

| 15 Feb 2024 13:55
Polri Klaim Pemungutan Suara Pemilu 2024 Berjalan Aman dan Kondusif
Warga menunggu giliran menyoblos di TPS. (ERA)

ERA.id - Indonesia telah menjalankan pesta demokrasi untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota legislatif pada Rabu (14/2). Polri mengklaim pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan kondusif.

"Pertama-pertama tentu Polri mengucapkan terima kasih atas doa seluruh elemen masyarakat pemungutan suara dapat berjalan dengan kondusif," kata Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Kamis (15/2/2024).

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini membenarkan sejumlah daerah melakukan pemungutan suara ulang dan pemungutan suara susulan. Dia menyebut dinamika ini sudah diantisipasi Korps Bhayangkara dengan Operasi Mantap Brata.

Trunoyudo mengatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengintruksikan anggotanya untuk terus bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait agar Pemilu 2024 bisa berjalan dengan aman dan nyaman.

"Kapolri memerintahkan kepada seluruh jajaran Polri untuk membantu purna kondisi kesehatan petugas ketertiban pengamanan TPS, KPU, dan Bawaslu untuk diberikan layanan kesehatan, antisipasi kelelahan melaksanakan tugas pengabdian demi demokrasi," tambahnya.

Diketahui, KPU telah menetapkan peserta Pemilu Pilpres 2024, yakni pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Usai dilakukan pencoblosan, KPU akan melakukan perhitungan suara. Presiden dan Wakil Presiden terpilih akan dilantik atau diambil sumpah jabatannya pada 20 Oktober 2024.

Rekomendasi