Terdampak Efek Ekor Jas dari Pencalonan Cak Imin, PKB: Jumlah Kursi Bertambah Jadi 81

| 18 Feb 2024 17:45
Terdampak Efek Ekor Jas dari Pencalonan Cak Imin, PKB: Jumlah Kursi Bertambah Jadi 81
DPP PKB klaim kenaikan suara partai dampak efek ekor jas dari pencalonan Cak Imin. (ERA/Gabriella Thesa)

ERA.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengklaim, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 ini memperoleh kenaikan suara. Bahkan optimis meraih 81 kursi di parlemen.

Ketua DPP PKB Cucun Samsyurijal mengatakan, hal ini dipengaruhi oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang maju sebagai calon wakil presiden (cawapres). Pencalonan Cak Imin memiliki dampak efek ekor jas atau coattail effect alias efek ekor jas.

"Alhamdulillah dengan majunya beliau (Cak Imin) juga berdampak positif kenaikan suara PKB yang signifikan," kata Cucun di Kantor DPP PKB, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2024).

Dia mengatakan, efek ekor jas dari pencalonan Cak Imin juga menunjukan kesinambungan antara perolehan suara PKB di pileg dan pemilihan presiden (pilpres).

Berdasarkan data internal, suara PKB naik 2,41 persen atau 6.007.425 suara dari tahun 2019 yang berada di angka 9,69 persen.

"Ini akan berdampak kepada kursi Alhamdulillah, dari existing 58 kursi yang sekarang di senayan aman semuanya dan akan ada penambahan dari kenaikan jumlah suara ini menjadi 81 kursi," kata Cucun.

Ketua Fraksi PKB di DPR RI ini menambahkan, prediksi kenaikan 23 kursi paling banyak disumbangkan dari wilayah Jawa Barat dan Sumatera. Dia bilang, ada lima tambahan kursi dari dua wilayah tersebut.

"Di Jawa Timur kita mendapatkan kenaikan 3 kursi, kemudian di Banten 2 kursi, kemudian wilayah Sumatera kita 5 kursi, Kalimantan akan dapat tambahan 2 kursi, Sulawesi 3 kursi, dan NTB 1 kursi, Maluku 1 kursi, Papua (1 kursi). Yang luar biasa fenomenal adalah Jawa Barat, Jabar kita akan mendapatkan tambahan 5 kursi," katanya.

Rekomendasi