Sah! Jokowi Resmi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam Gantikan Mahfud MD

| 21 Feb 2024 11:26
Sah! Jokowi Resmi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam Gantikan Mahfud MD
Hadi Tjahjanto mengucapkan sumpah jabatan sebagai Menko Polhukam. (YouTube Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), menggantikan Mahfud MD.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (21/2/2024)

Sebelum resmi dilantik, dibacakan terlebih dahulu surat Keputusan Presiden Nomor 34 P/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Setelah itu, Hadi mengucapkan sumpah jabatan yang dipantu oleh Presiden Jokowi.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Hadi menirukan Presiden Jokowi. 

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab."

Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dalam kesempatan itu, hadir sejumlah pejabat. Diantaranya, Anggota Wantimpres Wiranto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Kemudian hadir juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Diketahui, kursi Menko Polhukam kosong sejak 1 Februari 2024 setelah Mahfud MD resmi mengundurkan diri. Adapun Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sempat ditunjuk sebagai Plt menko polhukam.

Alasan Mahfud MD mundur dari jabatan menko polhukam adalah untuk menghindari konflik kepentingan. Sebab saat itu, mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Rekomendasi