Adian Napitupulu Pastikan Fraksi PDIP Solid Soal Wacana Hak Angket

| 23 Feb 2024 18:32
Adian Napitupulu Pastikan Fraksi PDIP Solid Soal Wacana Hak Angket
Politisi PDI Perjuangan (PDIP), Adian Napitupulu. (Gabriella/ERA)

ERA.id - Politisi PDI Perjuangan (PDIP), Adian Napitupulu memastikan partainya solid mengenai wacana menggulirkan hak angket terkait penyelidikan dugaan kecurangan Pilpres 2024. Bahkan, ia mengungkapkan, komunikasi dengan kubu paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pun sudah dilakukan.

Awalnya, Adian menjelaskan sikap Fraksi PDIP di DPR RI terkait ide pengguliran hak angket. Dia memastikan, PDIP solid dengan wacana tersebut.

“Solid, di fraksi solid,” kata Adian kepada wartawan di Kantor Sekretariat Tim Koordinator Relawan Pemenangan Presiden (TKRPP), Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

Selanjutnya, Adian menyinggung soal komunikasi antara kubu Ganjar-Mahfud dan AMIN. Dia menyebut, relawan dari kedua pihak telah membahas gagasan hak angket di DPR RI.

“Ini kan gini, siapa yang mendiamkan kecurangan, dia berlaku curang, siapa yang mendiamkan kejahatan juga berlaku jahat, siapa yang mendiamkan kekerasan sesungguhnya juga berlaku kekerasan,” jelas Adian.

“Artinya kesadaran ini sudah mulai nampak di rakyat kita Indonesia, pendukung 01 dan 03. Di bawah juga kita sudah melakukan komunikasi dan mulai ketemu,” sambungnya.

Anggota DPR ini menambahkan, tidak ada salahnya menggulirkan hak angket. Sebab, jelas dia, sebagai pilihan konstitusional, tidak boleh ada pihak yang melarang upaya tersebut.

“Kalau dia mencoba melarang hak angket itu, artinya yang dia larang hak konstitusional,” ujar dia.

Rekomendasi