Dua Menteri Jokowi Ngaku Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Masuk ke Pembahasan RKP 2025

| 26 Feb 2024 15:30
Dua Menteri Jokowi Ngaku Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Masuk ke Pembahasan RKP 2025
Gibran temui Prabowo di kediamannya Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan. (Dok. Partai Gerindra)

ERA.id - Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahill Lahadalia mengatakan, program makan siang gratis dibicarakan saat membahas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta.

Diketahui, makan siang gratis merupakan salah satu program milik pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Tadi dibahas RKP, ini baru rapat awal saja. Membahas program-program prioritas Prabowo, termasuk di dalamnya adalah makan siang (gratis) tahap awal," kata Bahlil dikutip dari Antara, Senin (26/2/2024).

Dia mengatakan, pembahasan ini bukan untuk mendahului Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pembahasan program makan siang gratis dalam RKP 2025 hanya sebatas untuk untuk mengantisipasi dan sebagai asumsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

"Ini hanya rancangan, simulasi saja, tahap awal kan boleh-boleh saja," terangnya.

Saat ditanya apakah Sidang Kabinet Paripurna turut membahas program calon presiden dan wakil presiden lain, Bahlil mengatakan bahwa ia tidak mengetahui secara detail.

"Tadi kan rancangan umum saja belum detail. Detailnya belum tahu karena saya bukan tim teknis," ujar Bahlil.

Senada, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, Presiden Joko Widodo memang memang membahas program-program prioritas presiden terpilih mendatang.

Berkaitan dengan program makan siang gratis, ia menyampaikan bahwa saat ini pemerintah sudah memiliki data terkait jumlah ibu hamil hingga balita, serta anak-anak sekolah mulai dari TK, SD dan SMP. Dari data yang ada bisa dihitung anggaran untuk makan siang gratis.

“Jadi terkait program, kita lihat dengan (target) defisit anggaran (APBN) 2,4-2,8 persen itu untuk program quick win presiden terpilih mendatang pos-posnya sudah bisa masuk,” ujarnya.

Sebagai informasi, rekapitulasi hasil perhitungan Pemilu 2024 suara dimulai pada 15 Februari 2024 dan berakhir pada 20 Maret 2024.

Adapun hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh suara sebesar 58 persen, dan dipastikan memenangkan Pilpres 2024.

Rekomendasi