Banyak Keluhan Harga Beras Naik, Jokowi: Coba ke Pasar, Sudah Turun

| 29 Feb 2024 17:12
Banyak Keluhan Harga Beras Naik, Jokowi: Coba ke Pasar, Sudah Turun
Presiden Jokowi mengklaim harga beras sudah turun. (YouTube Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo membantah keluhan masyarakat yang menyebut harga beras naik. Dia mengklaim harganya sudah turun.

Hal itu disampaikan usai menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pada Rabu (28/2).

"Coba cek, jangan menginformasikan seperti itu," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/2/2024).

Dia mengaku selalu memantau harga-harga kebutuhan bahan pokok, termasuk beras. Menurutnya, harga beras sudah tidak lagi mengalami kenaikan.

Masyarakat juga diminta mengecek sendiri harga beras di pasar, seperti di Pasar Induk Cipinang atau Pasar Johar yang merupakan pasar beras.

"Coba dicek di Pasar Induk Cipinang, cek. Coba di cek lagi ke Pasar Johar, ini yang pasar-pasar beras itu harus dicek. Coba kalian datang ke Pasar Cipinang cek, harganya turun atau naik," ucap Jokowi.

"Karena harian itu saya cek dan saya selalu mendapatkan angka-angakanya," imbuh mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, masyarakat banyak mengeluhkan harga beras yang masih mahal dan langka. Dalam sejumlah kesempatan, Jokowi sempat mengungkapkan penyebab kelangkaan dan kenaikan harga beras.

Selain masalah suplai, kelangkaan disebabkan macetnya distribusi dari beberapa sentra produksi ke pasaran.

Selain itu, penyebab distribusi terhambat karena bencana banjir di sejumlah kabupaten/kota, termasuk di daerah Demak dan Grobogan, Jawa Tengah.

Rekomendasi