Momen Prabowo Berpesan ke Wamen BUMN Tiko untuk Jaga Uang RI, Calon Kuat Menkeu?

| 05 Mar 2024 18:08
Momen Prabowo Berpesan ke Wamen BUMN Tiko untuk Jaga Uang RI, Calon Kuat Menkeu?
Prabowo Subianto (Facebook Prabowo)

ERA.id - Calon Presiden Prabowo Subianto memberikan pesan kepada Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko. Tiko disebut menjadi kandidat menteri keuangan bila Prabowo terpilih menjadi presiden pada pemilu 2024.

Momen tersebut terjadi saat Tiko mengantar Prabowo usai memberikan sambutan dalam acara Mandiri Investment Forum (MIF) 2024. Saat itu, tak hanya Tiko yang mengantar Prabowo, tapi ada juga Chatib Basri, Erick Thohir, dan Darmawan Junaidi. Prabowo pun menyalami satu per satu keempatnya.

"Pak Darmawan selamat ya. Pak Chatib selamat ya, pertahankan prestasi," kata Prabowo di Hotel Fairmount, Jakarta dikutip dari Voi.id, Selasa, (5/3/2024).

Lebih lanjut, Prabowo juga berpesan kepada Tiko untuk menjaga keuangan Indonesia. "Jaga uang republik," kata Prabowo sambil menyalami Tiko.

Prabowo juga berterima kasih kepada Erick. Saat ditanya soal kabar santer calon menkeu ini, Prabowo enggan untuk menjawab.

Untuk diketahui, Calon Presiden Prabowo Subianto disebut sudah mengincar sejumlah nama untuk mengisi posisi Menteri Keuangan. Prabowo disebut mempertimbangkan empat nama untuk mengisi jabatan tersebut.

Menurut laporan Bloomberg, Prabowo dikabarkan sedang mempertimbangkan sejumlah nama untuk mengisi posisi Menkeu dengan latar belakang bankir. Namun empat nama ini tidak termasuk Sri Mulyani, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan di kabinet Indonesia Maju.

Sejumlah sumber dari Bloomberg mengatakan nama-nama itu termasuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas jasa Keuangan Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Royke Tumilaar.

"Mereka dipandang paling cocok untuk peran tersebut karena keahlian keuangan mereka serta kepemimpinan yang efektif," kata sumber di Bloomberg, Rabu (28/2/2024).

Rekomendasi