Korlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 pada 5 April

| 06 Mar 2024 20:55
Korlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 pada 5 April
Warga akan mudik lebaran. (ANTARA)

ERA.id - Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik libur panjang Idul Fitri 2024 diprediksi pada 5 April 2024.

"Puncak mudik itu sekitar tanggal 5 ya antara tanggal 5 (April) dan puncak baliknya tanggap 15 (April), itu kita prediksinya seperti itu," kata Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Raden Slamet Santoso kepada wartawan, Rabu (6/3/2024).

Jenderal bintang satu Polri ini menambahkan Korlantas Polri bersama stakeholder terkait sudah mengantisipasi kemungkinan kepadatan arus lalu lintas saat periode mudik. Dia pun masyarakat yang akan mudik untuk tidak berlama-lama ketika berada di rest area.

"Jadi imbauan paling lama 30 menit ya karena biar bergantian dengan yang lain sehingga tidak terjadi penumpukan, itu untuk di buffer-buffer zone di rest area yang ada," tambahnya.

Slamet juga meminta masyarakat untuk mengecek kondisi kendaraannya sebelum berangkat mudik. Bila sudah lelah, pengendara harus beristirahat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas.

Sebelumnya, Polri memprediksi akan ada sekira 136 juta orang yang akan melakukan mudik saat libur panjang Idul Fitri 2024. Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan jumlah itu meningkat sekira 5-6 persen jika dibandingkan tahun lalu, yakni sekira 123 juta orang.

"Sedangkan di pergerakan hasil prediksi dan analisa tahun ini kemungkinan akan bertambah 5-6 persen atau kurang lebih di angka 136 juta masyarakat," kata Trunoyudo kepada wartawan, hari ini.

Jenderal bintang satu Polri ini pun mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda motor ketika akan mudik. Sebab, penggunaan kendaraan roda dua saat mudik memiliki potensi kecelakaan lebih tinggi.

"Namun bagi masyarakat yang ingin tetap menggunakan sepeda motor diharapkan memperhatikan, baik pertama kondisi kesehatan, kemudian perlengkapannya dan kemudian juga kendaraannya sehingga sejak dini perlu dipersiapkan serta diharapkan tidak membawa barang yang berlebihan," ujarnya. 

Polri melalui Korlantas Polri akan melakukan rekayasa lalu lintas di ruas Tol Trans Jawa pada saat periode arus mudik dan arus balik libur Idul Fitri 2024. Namun, rekayasa lalu lintas bersifat situasional atau melihat volume kendaraan di lapangan.

Penerapan rekayasa lalu lintas akan mulai diperlakukan pada 5 April 2024. Rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan di antaranya berupa contraflow, one way, dan pembatasan angkutan barang.

Rekomendasi