Serius Pertahankan Kerja Sama Politik, Koalisi Perubahan Lanjut Sampai Pilkada 2024

| 16 Mar 2024 02:00
Serius Pertahankan Kerja Sama Politik, Koalisi Perubahan Lanjut Sampai Pilkada 2024
Tiga sekjen Koalisi Perubahan bertemu bicara Pilkada 2024. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) tiga partai Koalisi Perubahan melakukan pertemuan pada Jumat (15/3).  Melalui pertemuan itu, Partai NasDem, PKB dan PKS ingin menyampaikan keseriusan mereka untuk tetap solid hingga pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Adapun Koalisi Perubahan terdiri dari Partai NasDem, PKS, dan PKB. Dalam Pilpres 2024, mereka mengusung paslon capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Ini menunjukkan pada publik bahwa kami sungguh-sungguh berusaha mempertahankan koalisi sampai pilkada," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem, Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Hermawi mengungkapkan, kesolidan tiga partai ini telah menunjukkan hasil yang positif dalam pemilihan legislatif (pileg) DPRD Jakarta 2024. Partai NasDem berhasil meraih 11 kursi, dibandingkan pada Pileg 2019 yang hanya mendapatkan tujuh kursi.

Kemudian, PKS meraih 18 kursi. Jumlah ini bertambah dua kursi dari Pileg 2019. 

Sementara itu, PKB memperoleh 10 kursi dibandingkan dari pileg sebelumnya lima kursi.

"Pertemuan ini sekaligus syukuran dan mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta yang memberi kepercayaan pada partai 01," jelas Hermawi.

Dia mengatakan, pertemuan seperti ini rencananya digelar rutin setiap pekan. Tujuannya, untuk membahas perkembangan terkini di Jakarta.

Dalam pertemuan itu juga membahas soal nama-nama yang diusulkan untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

PKB mengusulkan dua nama, salah satunya yaitu Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dan Ketua DPP PKB Hasbiallah.

Sementara PKS yang diprediksi memperoleh kursi paling banyak di DPRD DKI membuka peluang kembali mengusung Anies Baswedan pada pilgub mendatang.

Rekomendasi