Pantau KPU Umumkan Hasil Pemilu 2024, Prabowo Gelar Bukber Bersama Parpol Koalisi

| 20 Mar 2024 18:40
Pantau KPU Umumkan Hasil Pemilu 2024, Prabowo Gelar Bukber Bersama Parpol Koalisi
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. (Era.id/Sachril Agustin)

ERA.id - Calon presiden (capres) Prabowo Subianto melakukan buka puasa bersama atau bukber jelang Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil Pemilu 2024 pada Rabu (20/3/2024) hari ini.

"Ini acaranya buka puasa bersama dilanjutkan dengan ramah tamah dan seterusnya," kata Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024).

Sejumlah politikus yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah tiba di rumah Prabowo. Muzani mengatakan Prabowo akan memantau hasil Pilpres 2024 yang akan diumumkan KPU pada malam hari ini dari rumahnya.

Terkait apakah cawapres Gibran Rakabuming Raka datang atau tidak ke kediaman Prabowo, Muzani belum mengetahuinya.

"Saya akan cek di dalam nanti (Gibran hadir atau tidak)," jelasnya.

Sebelumnya, KPU RI akan mengumumkan penetapan hasil Pemilu 2024. Rencananya, pengumuman itu dilaksanakan pada Rabu malam hari ini.

"Teoritisnya demikian. Jadi yang jelas kan nanti pada saat pleno rekapitulasi akan lihat bagaimana dinamikanya," kata Komisioner KPU, August Mellaz di Kantor KPU, Jakarta, hari ini 

August mengatakan saat ini masih ada dua provinsi yang harus dilakukan rekapitulasi nasional penghitungan suara Pemilu 2024, yakni Papua dan Papua Pegunungan. Setelah rapat pleno kedua provinsi itu, KPU bakal memberikan jeda untuk mengecek dokumen dan memberikan waktu berbuka puasa bagi para petugas.

"Sebenernya dokumen-dokumen sudah kami periksa dan list dokumen sudah ada semua, tapi kita butuh juga tanda tangan segala macem," jelas August.

Meski demikian, dia belum memerinci kapan waktu pasti pihaknya mengumumkan penetapan hasil pemilu. Ia hanya menyebut, langkah itu dilakukan setelah penghitungan suara dari dua provinsi yang tersisa.

Rekomendasi