PSI Gagal Melenggang ke Senayan, Kaesang: Saya Tetap Memimpin Sampai Masuk Parlemen di 2029

| 21 Mar 2024 21:45
PSI Gagal Melenggang ke Senayan, Kaesang: Saya Tetap Memimpin Sampai Masuk Parlemen di 2029
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (Dok DPP PSI)

ERA.id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep buka suara soal partainya yang gagal melenggang ke Senayan. Dia memastikan akan tetap memimpin partai berlambang bunga mawar itu hingga masuk Parlemen di Pemilu 2029.

Berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU), PSI hanya mengantongi suara sebanyak 4.260.169 suara atau setara dengan 2,81 persen.

"Selama masa kampanye lalu membuat saya semakin cinta terhadap PSI. Maka saya kabarkan bahwa saya berkomitmen untuk terus memimpin PSI sampai masuk parlemen di 2029," tegas Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Meski begitu, dia mengakui bahwa di awal kepemimpinannya ini, PSI memang gagal lolos ke Parlmen. Namun, dia mengklaim, suara partainya justru melonjak drastis dari Pemilu 2019 lalu.

"Jumlah kursi PSI meningkat 108%, namun kali ini PSI belum berkesempatan untuk duduk di Senayan karena adanya peraturan batas ambang parlemen,” kata Kaesang.

Walaupun gagal mencapai target masuk ke Senayan, putra bungsu Presiden Joko Widodo itu mengatakan, PSI tetap berjuang menyuarakan aspirasi masyarakat di tingkat DPRD provinsi, kabupaten dan kota.

"Kami tidak akan menyia-nyiakan amanah masyarakat. Meskipun tidak di DPR, PSI akan memperjuangkan aspirasi dengan segala upaya yang kami miliki," kata Kaesang.

Kaesang mengaku, PSI akan berbenah dan melakukan evaluasi, juga segera memperbaiki struktur partai dan melakukan rebranding agar PSI lebih relevan bagi masyarakat.

Rekomendasi