Mendag Klaim Sebut Stok Bahan Pokok Saat Lebaran Tercukupi: Tak Usah Beli Berlebih, Beli Secukupnya

| 25 Mar 2024 15:15
Mendag Klaim Sebut Stok Bahan Pokok Saat Lebaran Tercukupi: Tak Usah Beli Berlebih, Beli Secukupnya
Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas). (Antara)

ERA.id - Pemerintah memastikan stok bahan pokok dan bahan bakar minyak (BBM) selama libur Idul Fitri 2024 aman dan tercukupi.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat menjelang Lebaran dan selama bulan suci Ramadan, bahan pokok ketersediaannya lebih dari cukup, banyak," kata Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) usai mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024).

Zulhas menyebut stok beras, gula, ayam, telur, bawang, cabai, dan bahan pokok lainnya tercukupi. Harga-harga bahan pokok juga disebutnya tidak melonjak tinggi. 

Karena itu, dia meminta masyarakat untuk tidak khawatir dan tak membeli bahan-bahan pokok secara berlebihan. "Jadi sekali lagi kami mengimbau tidak usah beli berlebih, membeli secukupnya," ucapnya.

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menambahkan puncak arus mudik libur Lebaran 2024 diprediksi terjadi pada 5-8 April 2024. Untuk arus balik diperkirakan terjadi pada 13-16 April 2024.

Polri sendiri akan mendirikan 5.784 posko-posko yang tersebar di berbagai titik di Indonesia untuk mengamankan libur Idul Fitri 2024. Posko-posko itu akan ditempati petugas dari Polri, TNI, Basarnas, Kemenkes, dan Pemda.

"Jumlah pemudik berdasarkan hasil survei diprediksi sekitar 193 juta atau terdapat kenaikan 50 persen dibanding mudik tahun lalu," tambahnya.

Muhadjir pun mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mengecek perlengkapannya sebelum berangkat mudik. Bila lelah, diimbau untuk beristirahat.

Untuk masyarakat yang mudik melalui jalur tol diimbau untuk tidak parkir di bahu tol. 

Rekomendasi