Gibran Sebut Prabowo Minta Masukan Jokowi untuk Pilih Menteri di Kabinetnya

| 25 Mar 2024 22:40
Gibran Sebut Prabowo Minta Masukan Jokowi untuk Pilih Menteri di Kabinetnya
Cawapres pemenang Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka. (Antara)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 Gibran Rakabuming Raka menyebut calon presiden (capres) Prabowo Subianto meminta masukan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika akan memilih nama-nama menteri di kabinetnya.

"Ya mungkin (Pak Prabowo minta) masukan (ke Jokowi), tapi penentuannya di Pak Prabowo ya," kata Gibran di hotel Ritz-Carlton Jakarta, Senin (25/3/2024).

Dia menyebut, Prabowo sudah membicarakan hal ini dengan Jokowi sejak dulu. Namun, dia tak merinci siapa saja bakal calon menteri di pemerintahan mendatang.

"Sudah lama dari kemarin-kemarin. Sudah dibicarakan dari kemarin-kemarin," tambahnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengatakan dirinya akan membuat kaget Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas dan Ketua Majelis Penasihat PAN Hatta Rajasa.

Setelah dinyatakan sebagai pemenang oleh KPU, dia menyebut bukan tidak mungkin PAN meminta sesuatu. Tapi dia pun bisa jadi bakal memberikan lebih dari yang diminta.

"Jadi nanti Pak Zulkifli Hasan dan Pak Hatta akan mungkin kaget dalam menyusun atau mengajukan mungkin yang diminta X, mungkin yang dikasih bisa-bisa lebih dari X," kata Prabowo yang langsung disambut sorakan kader PAN, saat berpidato dalam acara buka puasa bersama di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis (21/3).

Belum diketahui maksud ucapan Prabowo ini. Namun, pernyataan itu dinilai sinyal soal jatah kursi menteri untuk PAN.

"Tapi syaratnya tentunya, syaratnya adalah memang akan diberi putra-putri yang terbaik," tambahnya.

Rekomendasi