Diisukan Jadi Menkeu, Budi Gunadi Malah Ingin Jabatan Menteri Penerangan

| 09 May 2024 21:00
Diisukan Jadi Menkeu, Budi Gunadi Malah Ingin Jabatan Menteri Penerangan
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

ERA.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin diisukan masuk bursa calon menteri keuangan di era pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka lima tahun ke depan. 

Menanggapi hal itu, Budi pun berkelakar ingin menduduki jabaran menteri penerangan. Diketahui, Kementerian Penerangan pernah dibentuk oleh Presiden kedua RI Soeharto.

"Kalau ada posisi kayak zamannya Pak Harto jadi Menteri Penerangan yang ngurusin wartawan, aku mau jadi Menteri Penerangan," kata Budi, dikutip dari Antara, Kamis (9/5/2024).

"Itu kan pembicaraan teman-teman wartawan, yang memutuskan kan nanti presiden yang memilih," ucapnya.

Dia pun enggan berandai-andai apakah di pemerintahan yang baru nantinya masih tetap menduduki kursi menteri atau tidak. Mantan bankir itu justru memiliki impian mengikuti kejuaraan lomba lari marathon di Berlin, Jerman.

Menurutnya, sebagai menkes yang masih menjabat, harus bisa memberikan contoh hidup sehat kepada masyarakat. 

"Kenapa? Sebagai Menkes mesti kasih contoh, kan hidup sehat," ucapnya.

Ketimbang berandai-andai, Budi justru memberikan masukan kepada Prabowo-Gibran supaya tidak sembarang memilih Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikan.

Ia menilai pendidikan dan kesehatan menjadi modal utama dalam menghadapi Indonesia Emas 2045, di mana Indonesia harus meningkatkan pemasukannya dengan memaksimalkan bonus demografi yang ada, agar tidak menjadi negara kelas menengah selama-lamanya, atau terjebak dalam middle income trap.

Pendidikan dan kesehatan, kata dia, menjadi dua faktor penting dalam mewujudkan hal tersebut

"Jadi, Pak Prabowo, Pak Jokowi, pilih menteri apapun terserah, tapi Menteri Pendidikan dan Kesehatan jangan salah pilih," kata Budi.

Sebagai informasi, selain nama Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo juga diisukan masuk bursa calon menteri keuangan di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Namun, hingga saat ini, Prabowo belum terbuka membicarakan susunan kabinetnya untuk lima tahun ke depan. 

Rekomendasi