Jelang Lebaran, Penumpang Commuter Line Bandara Soetta dan Merak Meningkat

| 07 Apr 2024 16:05
Jelang Lebaran, Penumpang Commuter Line Bandara Soetta dan Merak Meningkat
Ilustrasi KRL (Antaranews)

ERA.id - Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter mencatat terjadinya tren kenaikan jumlah penumpang Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dan Merak. Peningkatan ini terjadi jelang perayaan Idul Fitri 1445 H.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, berdasarkan data pihaknya, Commuter Line Bandara Soetta telah melayani total pengguna sebanyak 54.786 orang hingga Sabtu (6/4). Lonjakan tertinggi terjadi pada Jumat (5/4) atau dimana hari kerja terakhir yang mencapai 11.287 orang.

"Sedangkan Sabtu, 6 April kemarin pengguna menuju Bandara (Soetta) dengan Commuter Line diangka 10.747 orang. Angka tersebut naik sebesar 55-61  persen dari rata-rata volume sebelum masa libur Lebaran tahun ini," kata Anne dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/4/2024).

Seiring dengan meningkatnya pemudik yang menuju bandara dengan menggunakan kereta, KAI Commuter mengantisipasi dengan menambahkan delapan perjalanan menjadi 64 perjalanan saat sebelum Lebaran, yaitu mulai 5-8 April dan pascalebaran, yaitu tanggal 13-16 April 2024.

Sementara itu, pada awal libur Lebaran,  jumlah pengguna Commuter Line Merak juga mengalami peningkatan. Pada hari terakhir kerja Jumat (5/4), KAI Commuter mencatat volume Commuter Line Merak sebanyak 11.098 orang. Sedangkan pada Sabtu (6/4) tercatat sebanyak 11.934 orang.

"Angka tersebut lebih besar 4 persen jika dibanding rata-rata volume pengguna hari libur pada minggu kemarin," ujar Anne.

Pada masa angkutan Lebaran tahun ini, mulai 3-9 April 2024 KAI Commuter bersama Ditjen Hubungan Darat Kemenhub dan PT ASDP Indonesia Fery (Persero) melakukan penyesuaian operasional layanan Commuter Line Merak untuk mendukung pengaturan lalu-lintas di Kawasan Pelabuhan Merak.

Dimana pada periode tersebut layanan perjalanan Commuter Line Merak perjalannya hanya sampai Stasiun Cilegon.

"Bagi pengguna Commuter Line Merak yang akan menuju Stasiun Merak atau ke area Pelabuhan Merak, bisa menggunakan transportasi lanjutan yang disediakan di Stasiun Cilegon secara gratis," jelas dia.

Anne menambahkan, khusus operasional Commuter Line Jabodetabek, pada masa awal libur Lebaran ini tidak mengalami peningkatan volume pengguna.

Meski demikian, KAI Commuter tetap mengoperasikan sebanyak 1.061 perjalanan untuk melayani pengguna Commuter Line Jabodetabek.

KAI Commuter mencatat jumlah penumpang pada Sabtu (6/4) sebanyak 723.399 orang.  Pada Minggu (7/4), hingga pukul 13.00 WIB tercatat volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 231.802 orang.  

"Dimana masih terpantau pergerakan pengguna didominasi di stasiun-stasiun yang terletak di kawasan pusat perbelanjaan atau sentra bisnis lainnya serta stasiun di sekitar Kawasan tempat wisata," ungkap Anne.

Ia menyebut, di Stasiun Tanah Abang, hingga pukul 13.00 WIB pengguna yang turun sebanyak 42.390 orang. Kemudian, tercatat 14.823 orang yang turun di Stasiun Bogor. Sementara itu di Stasiun Rangkasbitung sebagai stasiun transit untuk pengguna Commuter Line Merak, tercatat sebanyak 9.558 orang.

Rekomendasi