Kemenag Gelar Pawai Obor Malam Takbiran Sambut Idulfitri 1445 H

| 09 Apr 2024 18:55
Kemenag Gelar Pawai Obor Malam Takbiran Sambut Idulfitri 1445 H
Ilustrasi pawai takbiran. (Antara)

ERA.id - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar pawai obor dalam rangka malam takbiran jelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Kegiatan itu bakal dilaksanakan di Masjid Istiqlal dan sekitarnya.

Adapun Hari Raya Idulfitri 2024 diprediksi jatuh pada Rabu (10/4/2024) besok.

"Untuk giat ini memang ini baru pertama, ya, pada tahun ini. Ini adalah bentuk kesyiaran dari penyambutan jatuhnya 1 Syawal. Insyaallah kalau memang ini bisa malam nanti, kita akan menggelar pawai obor," kata Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki dalam konferensi pers di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2024). 

Saiful menjelaskan, rute pelaksanaan pawai obor itu nantinya mencakup Masjid Istiqlal, Gedung Pertamina dan kawasan di sekitarnya. Sementara itu, peserta pawai tersebut dibatasi. Dia menyebut, yang mengikuti kegiatan ini adalah anak-anak yang telah disiapkan oleh Kemenag.

"Ini kita batasi karena memang ini terkait dengan kondisi yang ini kita tidak ingin jadi ada hal-hal yang menjadi kurang baik, ini kita batasi dan anak anak yatim yang anak anak remaja yang sudah kita siapkan," jelas Saiful.

Selain itu, Saiful juga mempersilakan masyarakat yang ingin menggelar pawai obor di lingkungan masing-masing. Namun, ia mengimbau agar tetap menjaga keamanan dan kenyamanan.

"Tentunya berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menjaga kondusivitas menjelang datangnya 1 Syawal 1445  Hijriah ini atau menjelang takbiran atau menjelang salat Id nanti," ujar Saiful.

"Kita sama-sama menjaga semua hal-hal yang dapat menimbulkan suasana-suasana yang tidak nyaman, suasana-suasana yang mengganggu dan seterusnya, kita tetap menjaga kesopanan serta keamanan agar prosesi menjelang satu Syawal 1445 Hijriah ini bisa kita selenggarakan dengan baik, dengan khidmat dan tentunya dengan menjaga keamanan buat kita semua," sambungnya

Rekomendasi