Jokowi-Ma'ruf Amin Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, TNI-Polri Siapkan Pengamanan

| 10 Apr 2024 06:15
Jokowi-Ma'ruf Amin Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, TNI-Polri Siapkan Pengamanan
Ilustrasi Masjid Istiqlal. (Antara)

ERA.id - TNI dan Polri akan mengerahkan personel gabungan untuk mengamankan pelaksanaan salat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta pada Rabu (10/4/2024).

Sebabnya, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dijadwalkan melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal.

"Kita pengamanan bersama Kodim, Kodam Jaya, Polda Metro Jaya untuk pengamanan di Masjid Istiqlal," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2024) malam.

Selain Masjid Istiqlal, personel gabungan juga mengamankan masjid-masjid lain yang memang menjadi pusat pelaksanaan salat Idulfitri.

Terkait jumlah personel yang diturunkan untuk mengamankan pelaksanaan salat Idulfitri presiden dan wakil presiden di Masjid Istiqlal, Condro mengatakan tak banyak perubahan dari pengamanan pada saat malam takbiran.

Diketahui, Polda Metro Jaya mengerahkan 1.849 personel untuk pengamanan malam takbiran.

"Berlanjut terus dari malam hari ini sampai besok salat Id, itu semua lokasi-lokasi yang prioritas itu pasti menjadi objek pengamanan," ucapnya.

Meski begitu, kepolisian tidak melakukan rekayasa lalu lintas di sekitat Masjid Istiqlal. Dia pun mengimbau agar masyarakat datang lebih awal untuk menghindari kemacetan.

"Kami berharap lebih pagi untuk para jamaah bisa hadir di Masjid Istiqlal karena diperkirakan besok kepadannya akan bertambah," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Ma'aruf Amin dipastikan bakal melakukan Salat Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Rabu (10/4/2024). Sejumlah pejabat lainnya juga akan ikut mendampingi.

Hal itu disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar dalam konferensi pers mengenai kesiapan Masjid Istiqlal menggelar Salat Idulfitri.

"Kalau nanti Insyaallah ditetapkan nanti malam maka Insyaallah yang akan hadir besok pertama Bapak Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi dan Ibu Iriana, Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia beserta dengan ibu," kata Nasaruddin di Masjid Istiqlal, Selasa (9/4).

Selain itu, para duta besar negara sahabat juga diperkirakan bakal mengikuti salat di Masjid Istiqlal.

Rekomendasi