Megawati Soekarnoputri: Idulfitri Tinggikan Drajat Kemanusiaan untuk Berani Tegakkan Kebenaran

| 10 Apr 2024 10:00
Megawati Soekarnoputri: Idulfitri Tinggikan Drajat Kemanusiaan untuk Berani Tegakkan Kebenaran
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri. (Dok. Istimewa)

ERA.id - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Dalam momen Lebaran ini, dia berpesan tentang keberanian menegakkan kebenaran dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Idulfitri tidak melambangkan kemenangan setelah satu bulan penuh melakukan olah jiwa, batin, dan raga melalui puasa," kata Megawati dalam video yang diunggah di kanal YouTube PDI Perjuangan, Rabu (10/4/2024).

"Lebih dalam lagi, Idulfitri meninggikan drajat kemanusiaan kita untuk semakin berani menegakkan kebenaran dan keadilan dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara," imbuhnya.

Ketua umum PDIP itu juga menyinggung pentingnya persatuan di tengah momen Lebaran.

"Melalui Idulfitri, kita berhalal bihalal agar solidaritas kebangsaan semakin kuat, hingga melahirkan optimisme baru, karena jiwa bangsa yang kembali ke fitri," kata Megawati.

"Selamat Idulfitri, terus perkuat persaudaraan sebagai sesama anak bangsa. Mohon maaf lahir dan batin," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Hari Raya Idulfitri 2024 jatuh pada Rabu (10/4/2024). Keputusan ini berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar pada Selasa (9/4).

"Berdasarkan hisab, posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) serta adanya laporan hilal yang sudah terlihat, disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024 Masehi," kata Yaqut dalam konferensi pers di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2024) malam.

Rekomendasi