Soal Hasil Pertemuan Rosan dengan Megawati, Dasco Sebut Sudah Disampaikan ke Prabowo

| 11 Apr 2024 19:51
Soal Hasil Pertemuan Rosan dengan Megawati, Dasco Sebut Sudah Disampaikan ke Prabowo
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengaku tidak ada pembahasan soal hasil pertemuan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Roeslani dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat acara open house di rumah dinasnya. Namun, ia menyebut, hal itu sudah disampaikan ke Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Hal ini Dasco sampaikan disela-sela acara open house Idulfitri 1445 Hijriah di rumah dinasnya, Jalan Denpasar Raya, Jakarta Selatan, Kamis (11/4/2024). Dalam acara itu, turut dihadiri oleh Prabowo dan Rosan.

"Tadi enggak disampaikan sih. Kan pertemuan Pak Prabowo dengan Pak Rosan enggak cuma hari ini, tapi udah semalam. Mungkin semalam sudah diceritakan," kata Dasco kepada wartawan di lokasi.

Saat disinggung apakah Rosan menemui Megawati berdasarkan arahan Prabowo untuk menyamakan waktu pertemuan kedua pimpinan partai politik itu, Dasco tak banyak bicara. Menurut dia, kedatangan mantan ketua umum KADIN itu merupakan inisiatif pribadi untuk silaturahmi dalam rangka Lebaran.

"Saya rasa pertemuan Rosan dan Bu Mega itu adalah inisatif atau keinginan silahturahmi dari Pak Rosan-nya. Memang kemudian disampaikan beberapa hal kemarin sore yang detailnya saya juga belum terlalu jelas," ungkap Wakil Ketua DPR itu.

Adapun usai menghadiri open house di rumah Dasco, Rosan tak memberi pernyataan apapun saat ditanya hasil pertemuannya dengan Megawati. Rosan diam seribu bahasa dan memilih bergegas meninggalkan lokasi tersebut.

Hal serupa juga dilakukan Prabowo. Sesaat sebelum beranjak dari rumah Dasco, capres pemenang Pilpres 2024 itu hanya menyampaikan ucapan Lebaran kepada para awak media.

"Maaf lahir batin semuanya, selamat Lebaran," ujar Prabowo.

Meski dicecar berbagai pertanyaan, Prabowo tak merespons.

Sebelumnya, pada Lebaran hari pertama, Rabu (10/4) Rosan sempat dua kali menemui Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Meski demikian, tidak ada pernyataan apapun yang disampaikan oleh Rosan mengenai kedatangannya di rumah Megawati. Dalam pertemuan yang pertama, dia hanya bertamu sekitar lima menit dan segera meninggalkan lokasi.

Sementara itu, pada pertemuan yang kedua dengan Megawati berlangsung cukup lama sekitar 1,5 jam. Namun, usai bertemu Megawati, mantan Wakil Menteri BUMN tersebut langsung bergegas meninggalkan lokasi dengan menaiki mobil.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam kunjungannya, Rosan duduk satu meja dengan Megawati, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, hingga Menteri ESDM Arifin Tasrif.

"Jadi mendampingi ibu menerima Pak Rosan dalam satu meja ada Pak Abdullah Azwar Anas, Mbak Puan, Pak Arifin Tasrif, saya," kata Hasto di kediaman Megawati, Rabu (10/4).

Kunjungan Rosan yang kedua kali ini lebih lama sekitar satu jam. Meski begitu, Hasto mengaku tak ada pesan khusus yang dibawa mantan ketua KADIN itu saat bertemu Megawati.

Adapun pesan khusus yang dimaksud, yaitu undangan pertemuan dari Prabowo untuk Megawati.

"Tidak ada. Jadi ini murni silaturahim dalam rangka Idulfitri, saling maaf memaafkan, dan tidak ada yang terkait dengan politik kekuasaan," kata Hasto.

Demikian pula sebaliknya, tidak ada pesan khusus dari Megawati untuk Prabowo melalui Rosan. Menurutnya, Presiden kelima RI itu hanya membicarakan sejumlah pengalaman hidup saja.

"Ya pesan-pesan semangat perjuangan tadi ke Mas Rosan tadi yang berasal dari pengalaman ibu, sehingga Mas Rosan mengatakan 'aduh pengalaman ibu ternyata sangat luar biasa, penuh semangat juang'," ujar Hasto.

Sebagai informasi, sekitar pukul 10:40 WIB, Rosan terlihat menyambangi kediaman Megawati yang tengah mengadakan silaturahmi Idulfitri. Namun, dia hanya berada di dalam rumah sekitar lima menit.

Lalu pada pukul 15:05 WIB, Rosan terlihat kembali menyambangi kediaman Megawati. Saat itu, sebagian besar tamu sudah pulang.

Sebelumnya, rencana pertemuan Prabowo dengan Megawati santer terdengar. Belakangan, pertemuan itu akan dijembatani oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Menanggapi hal itu, Puan tak memberi jawaban tegas. Dia hanya mengatakan mau berlebaran terlebih dahulu sebelum bertemu Prabowo.

"Lebaran dulu ya," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/4).

Disinggung apakah pertemuannya dengan Prabowo bakal berlangsung setelah Lebaran, Puan lagi-lagi tak memberi jawaban tegas. Namun dia membuka peluang rencana itu terjadi.

"Insyaallah," kata Puan.

Rekomendasi