Kaesang Ungkap Alasan Ingin Majukan Kadernya di Pilkada 2024: Supaya Program Prabowo-Gibran Bisa Jalan di Daerah

| 19 Apr 2024 20:45
Kaesang Ungkap Alasan Ingin Majukan Kadernya di Pilkada 2024: Supaya Program Prabowo-Gibran Bisa Jalan di Daerah
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mengatakan, partainya bakal mengajukan kadernya sebagai calon kepala daerah di sejumlah wilayah pada Pilkada 2024 mendatang. Alasannya supaya bisa mendukung program kerja Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di tingkat daerah. 

Adapun PSI merupakan salah satu partai politik yang mengusung Prabowo-Gibran di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

"Intinya perjuangan ini belum selesai karena untuk programnya Pak Prabowo dan Mas Gibran supaya lancar kedepannya, yang harus kita pastikan adalah orang-orang yamg akan mendukung Pak Prabowo di tingkat gubernur, di tingkat walikota, di tingkat bupati, ini yang harus bisa sejalur atau sejalan dengan Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Kaesang saat memberikan sambutan dalam acara halalbihalal Rumah Juang Relawan Jokowi (RJ2) di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (19/4/2024).

"Yang pasti niat saya, niat kami dari PSI adalah supaya programnya Pak Prabowo dan Mas Gibran itu bisa sejalan nanti di tingkat provinsi maupun kota kabupaten," sambungnya.

Meski demikian, putra bungsu Presiden Joko Widodo ini menegaskan, PSI tetap terbuka untuk bekerjasama dengan partai politik lainnya dalam pemilihan kepala daerah.

Kaesang bahkan mengeklaim, sudah ada beberapa partai yang bakal merapat ke PSI. Namun, dia tidak memerinci partai apa saja yang dimaksud.

"Kita terbuka, PSI terbuka. Nanti kita akan saling kerja sama dengan partai lain," tegas Kaesang.

"Dan kemungkinan sudah ada beberapa partai yang akan bergabung dengan PSI untuk di beberapa pilkada," imbuh dia.

Sebelumnya, Kaesang yakin bisa mencalonkan kadernya sebagai calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta dalam Pilkada 2024. Sebab, menurut dia, partainya memiliki cukup banyak kursi, termasuk Jakarta.

Kaesang menyebut, pada Pileg 2024 tingkat provinsi dan kabupaten/kota, PSI berhasil meraih sebanyak 180 kursi. Jumlah ini meningkat dibandingkan Pileg 2019 yang hanya meraih 72 kursi. Dia mengatakan, perolehan kursi ini menjadi modal yang cukup baik untuk partainya terlibat dalam Pilkada 2024.

"Karena kalau yang kita lihat sekarang, kita punya beberapa (daerah) yang mungkin cukup banyak kursinya. Salah satunya di Jakarta. Dimana saya rasa kita bisa sebagai cawagub nanti untuk di DKI," ungkap Kaesang.

Meski demikian, adik kandung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ini enggan membeberkan identitas sosok yang bakal didaftarkan sebagai cawagub DKI Jakarta. Dia meminta publik untuk bersabar menunggu pengumuman resminya.

"Ya ada pokoknya," ujar Kaesang singkat usai menghadiri acara tersebut.

Selain itu, PSI juga akan mengajukan calon internal untuk maju dalam pilkada di Jawa Tengah, Semarang, Solo, Surabaya hingga NTT. 

Rekomendasi