Saldi Isra Bacakan Dissenting Opinion, Anies Angguk-Angguk dan Senyum

| 22 Apr 2024 14:55
Saldi Isra Bacakan Dissenting Opinion, Anies Angguk-Angguk dan Senyum
Sidang pembacaan putusan PHPU Pilpres 2024. (Era.id/Agus Ghulam)

ERA.id - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan yang menjadi Pemohon I dalam sengketa Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 tampak mengangguk-angguk dan tersenyum mendengarkan pendapat berbeda atau dissenting opinion dari hakim Saldi Isra.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 yang diajukan oleh pasangan calon (paslon) Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (AMIN).

Ketua MK Suhartoyo mengatakan permohonan pemohon tidak beralasan menurut hukum.

"Amar putusan, dalam eksepsi menolak eksepsi Termohon dan Pihak Terkait untuk seluruhnya; dalam pokok permohonan menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya," ujar Suhartoyo saat membacakan putusan PHPU Pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024).

Ada tiga hakim yang memiliki dissenting opinion, yakni Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, dan Arief Hidayat.

Saldi Isra menjadi hakim pertama yang membacakan pendapatnya selepas pembacaan putusan MK.

"Terhadap pertimbangan hukum Mahkamah dalam menanggapi dalil-dalil Pemohon, pada pokoknya, saya memiliki posisi hukum yang serupa pada sebagian isu tersebut, terkecuali untuk beberapa persoalan yang menjadi tumpuan perhatian saya, dan termasuk sebagai bagian argumentasi dalam permohonan," ucap Saldi.

"Ada dua hal yang membuat saya mengambil haluan untuk berbeda pandangan (dissenting opinion) dengan pendapat mayoritas majelis hakim," sambungnya.

Hal pertama, terkait politisasi bantuan sosial (bansos) untuk memenangkan paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Kedua, dugaan pengerahan pejabat di beberapa daerah.

Berbeda dengan mayoritas majelis hakim, Saldi berpendapat bahwa dua hal yang digugat oleh pemohon tadi beralasan secara hukum.

"Argumen Pemohon terkait politisasi bansos beralasan secara hukum," ujarnya. Ia juga berkeyakinan telah terjadi ketidaknetralan yang dilakukan sebagian penjabat kepala daerah demi kemenangan paslon tertentu.

Selama mendengarkan pembacaan dissenting opinion Saldi Isra, Anies tampak tersenyum bahagia sambil mengangguk-anggukkan kepalanya beberapa kali.

Dari pantauan di lokasi, Anies juga tampak berbincang dengan pasangannya, Muhaimin, serta Ketua Tim Hukum Timnas AMIN Ari Yusuf Amir.

Rekomendasi