Bulog Tunggu Arahan Prabowo Jalankan Program Makan Siang Gratis

| 25 Apr 2024 23:00
Bulog Tunggu Arahan Prabowo Jalankan Program Makan Siang Gratis
Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi. (Antara)

ERA.id - Perum Bulog menunggu arahan dari pemerintahan baru yang nantinya dipimpin Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk menjalankan program makan siang gratis.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengatakan, hingga saat ini belum ada arahan apapun terkait program unggulan Prabowo-Gibran tersebut.

"Apakah memang akan Bulog atau tidak kita belum tahu, kita tunggu arahan dari pemerintahan yang baru," kata Bayu dikutip dari Antara, Kamis (25/4/2024).

Menurutnya, wajar saja Bulog belum mendapatkan arahan soal pelaksanaan makan siang gratis. Sebab, saat ini masih dalam masa transisi dari pemerintahan Presiden Joko Widodo ke pemerintahan yanh baru.

"Yang jelas Bulog belum dapat tugas apa pun terkait program makan siang gratis. Saya pikir memang sewajarnya karena ini masih masa transisi, kita akan tunggu kebijakan pemerintah baru mengenai hal itu," ujar Bayu.

Menurut Bayu, program makan siang gratis tersebut mengalihkan dari permintaan yang tadinya di rumah menjadi suatu yang terorganisasi.

"Karena contohnya di India makan siang gratis justru dilaksanakan masyarakat melalui komunitas. Ada negara yang menggunakan pendekatan memang oleh pemerintah setempat, tapi itu pun regional. Jadi kita belum tahu," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan sejumlah program unggulan pasangan calon presiden dan calon wakil terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masuk dalam Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, Prabowo-Gibran bisa langsung mengeksekusi program unggulannya yang masuk dalam RKP dan RAPBN 2025 setelah keduanya resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden.

"Presiden Jokowi akan mendukung dan menyiapkan masuknya program-program unggulan presiden dan wakil presiden terpilih dalam RKP dan RAPBN 2024, termasuk yang bisa segera dieksekusi pasca 20 Oktober 2024, setelah presiden-wakil presiden terpilih dilantik," kata Ari kepada wartawan, Kamis (25/4).

Dia menyebut, hal ini merupakan dukungan Jokowi terhadap Prabowo-Gibran yang memiliki komitmen untuk melanjutkan pembangunan di pemerintah mendatang.

"Semangatnya adalah mengawal keberlanjutan pembangunan untuk mewujudkan Indonesia Maju yang telah diletakan fondasinya oleh Presiden Jokowi," kata Ari.

Rekomendasi