Wacana Kementerian Khusus Tangani Makan Siang Gratis, Gibran: Masih Digodok

| 07 May 2024 19:33
Wacana Kementerian Khusus Tangani Makan Siang Gratis, Gibran: Masih Digodok
Wakil Presiden terpilih yang sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat ditemui di Balai Kota Solo, Selasa (7/5/2024).

ERA.id - Calon wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menjelaskan ada wacana membentuk kementerian khusus untuk mengurus program makan siang gratis yang menjadi program unggulan pasangan Prabowo-Gibran. Namun, hal tersebut masih digodok lebih lanjut.

”Itu nanti ya, masih dibahas. Masih digodok dulu. Tunggu aja ya,” ujar Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Selasa (7/5/2024). 

Gibran mengungkapkan wacana kementerian baru ini akan khusus menangani program makan siang gratis ini sempat dibahas. Namun, suami dari Selvi Ananda ini meminta untuk menunggu kelanjutan wacana tersebut. 

”Kemarin sudah sempat dibahas, tapi tunggu dulu ya,” ujarnya.

Menurutnya, penggodokan wacana kementerian baru ini perlu memerlukan rencana matang. Sebab program ini akan menggunakan anggaran yang besar dan teknis pelaksanaan yang tak mudah. 

”Distribusinya juga tidak mudah, logistiknya juga tidak mudah, monitoring-nya juga tidak mudah. Ini makanya harus... ya kita pengen program ini bener-bener bisa berjalan karena kita pengen program ini bener-bener bisa impactful. Bener-bener bisa dirasakan oleh anak sekolah," ucap anak sulung Presiden Joko Widodo yang maju menjadi cawapres setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang kontroversial itu.

"Tapi tunggu dulu ya. Ini belum pasti kok masalah kementeriannya. Ditunggu aja dulu," lanjutnya. 

Menurut Wali Kota Solo itu, program makan siang gratis akan selalu menjadi sorotan di masa pemerintahannya. Untuk itu, dirinya menargetkan kesuksesan berjalannya program itu selama lima tahun ke depan. 

"Makanya tadi saya bilang harus menjadi atensi khusus, ya," ujarnya. 

Rekomendasi