Kapolri Tunjuk Presiden KSPSI Andi Gani Jadi Staf Ahli di Bidang Ketenagakerjaan

| 01 May 2024 20:15
Kapolri Tunjuk Presiden KSPSI Andi Gani Jadi Staf Ahli di Bidang Ketenagakerjaan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Andi Gani (Era.id/Flori Anastasia)

ERA.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, ada yang membedakan dalam peringatan hari buruh 2024. Sebab, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani resmi ditunjuk sebagai staf ahli atau penasihat Kapolri di bidang ketenagakerjaan.

Hal ini disampaikan Sigit saat meninjau pengamanan May Day atau aksi Hari Buruh di Stadion Madya GBK, Jakarta, Rabu (1/5/2024).

"Tadi di dalam sepakat bahwa teman-teman pimpinan konfederasi dan serikat (buruh) menunjuk Bung Andi Gani untuk menjadi staf ahli Kapolri di bidang ketenagakerjaan," kata Sigit kepada wartawan di lokasi.

Sigit mengatakan, keputusan ini diambil berdasarkan kesepakatan antara konfederasi dan serikat buruh, serta Polri. Dia menyebut, salah satu tugas Korps Bhayangkara adalah mengawal masalah terkait hak-hak perburuhan yang terus diperjuangkan.

"Jadi di lapangan kita mendengar banyak sekali sengketa ketenagakerjaan yang terjadi antara buruh dengan pengusaha, tentunya ini bukanlah hal yang tidak bisa diselesaikan. Namun demikian, tentunya kita juga butuh ada informasi masukkan sehingga kemudian secara komprehensif kita bisa membantu menyelesaikan sengketa yang ada dengan tidak bermaksud mencampuri stakeholder yang mungkin mempunyai tugas yang hampir sama," jelas Sigit.

"Tapi di sisi lain kita pun juga mempunyai tugas memelihara kamtibmas, tentunya mudah-mudahan peran Polri dalam hal mengawal, menjaga, dan melindungi teman-teman buruh bisa berjalan dengan lebih baik," sambungnya.

Jenderal bintang empat ini pun berharap agar keberadaan Andi Gani dapat membantu dalam memperjuangkan kesejahteraan para buruh.

"Ini saya ucapkan selamat dan ini kita harapkan tentunya menjadi hadiah spesial untuk teman-teman buruh sehingga kedepan kesejahteraan buruh, apa yang diperjuangkan buruh, keselamatan buruh dan hal-hal lain yang tentunya saat ini diperjuangkan bisa dikomunikasikan denga baik, dan tentunya harapan kita buruh semakin sejahtera," ujar Sigit.

Selain menunjuk Andi Gani menjadi staf ahli Kapolri, Sigit mengungkapkan, Polri juga telah membentuk tim atau unit khusus yang bertugas mengawal masalah terkait perburuhan dan ketenagakerjaan, termasuk persoalan yang dihadapi para buruh Indonesia di luar negeri. Unit khusus ini pun sudah berjalan dan akan terus dikembangkan.

"Sehingga kemudian semuanya bisa berjalan dengan tertib dan hak buruh bisa diperjuangkan," ungkapnya.

"Demikian juga dengan teman-teman buruh yang di luar negeri tentunya juga kita memberikan perlindungan yang sama, kita terus mengembangkan atase-atase kepolisian untuk bekerja sama dengan teman-teman di luar negeri utyk bisa memberikan perlindungan terhadap buruh-buruh migran kita yang ada di sana yang mungkin terdampak oleh masalah hukum kemudian tertipu, ada penganiaayaan dan hal-hal lain yang harus kita perjuangkan dan alhamdulilah saat ini itu terus kita kerjakan," imbuh dia.

Dalam kesempatan itu, Andi Gani pun menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya.

"Terima kasih juga telah diangkat sebagai penasehat Polri Pak, semoga amanah dan berkah. Hidup buruh!" ujar Andi.

Rekomendasi