Profil Andi Gani Nena Wea Presiden Serikat Buruh, Nyatakan Dukungan kepada Ganjar Pranowo

| 03 May 2023 09:09
Profil Andi Gani Nena Wea Presiden Serikat Buruh, Nyatakan Dukungan kepada Ganjar Pranowo
Andi Gani Nena Wea (Instagram/@kspsi_citu)

ERA.id - Andi Gani Nena Wea, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), buka suara soal dukungan serikat buruh kepada Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Lantaran sosoknya yang punya basis massa  kuat di kalangan buruh, publik pun penasaran dengan profil Andi Gani Nena Wea.

Andi Gani bersama 12 konfederasi buruh lainnya menemui Ganjar Pranowo usai menggelar May Day pada Hari Buruh di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu (1/5). Andi secara terang-terangan menyatakan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah tersebut untuk maju sebagai capres dalam pemilu tahun depan. 

Ketua KSPSI tersebut mengatakan bahwa dukungan serikat buruh kepada Ganjar Pranowo sudah menjadi keputusan yang tepat. Gani menyampaikan pernyataan itu saat memimpin konfederasi buruh. Profil Andi Gani Nena Wea mendapat sorotan publik karena dinilai turut berpengaruh memobilisasi banyak suara di kontestasi Pemilu 2024. 

Andi Gani Nena Wea satu meja dengan Ganjar Pranowo (dok.istimewa)

Profil Andi Gani Nena Wea

Andi Gani Nena Wea dikenal sebagai pemimpin kelompok buruh. Andi merupakan Presiden dari KSPSI. Selain itu, Andi juga memimpin ASEAN Trade Union Council. Andi merupakan anak dari Jacob Nuwa Wea Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi . 

Andi Gani menempuh pendidikan tinggi di Universitas Atmajaya Yogyakarta mengambil jurusan Hukum. Andi berhasil menyelesaikan gelar Sarjana Hukum (SH) pada tahun 2000. 

Selama ini Andi memang dikenal sebagai sosok yang aktif dalam pergerakan organisasi buruh. Andi selalu tampil menyuarakan aspirasi dari kaum pekerja dalam setiap demonstrasi. 

Lantaran progresivitas dan kecakapannya sebagai aktivitas, Andi Gani kemudian dipercaya sebagai Presiden KSPSI dari tahun 2012 hingga saat ini. Selain itu, Andi Gani juga merupakan Presidium Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) yang aktif dari tahun 2012 sampai sekarang. 

Andi Gani Loyalis Jokowi

Andi Gani Nina Wea dikenal memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. Andi menjadi pendukung Jokowi sejak ayah Kaesang Pangarep tersebut memulai karier politik menjadi Wali Kota Solo.

Setelah itu, Andi Gani aktif menggalang dukungan dari buruh kepada Jokowi yang maju dalam Pilgub DKI Jakarta. Andi Gani juga masih memobilisasi dukungan terhadap Jokowi dalam Pemilihan Presiden selama dua periode. 

Andi Gani bahkan sempat diminta untuk masuk ke jajaran Kabinet Kerja Presiden Jokowi dan Ma’aruf Amin. Namun Andai Gani lebih memilih fokus di jabatan sebagai Komisaris Utama PT PP. 

Andi Gani Menjadi Komisaris BUMN

Selain getol menjadi aktivis, Andi Gani juga merupakan sosok petinggi BUMN. Andi Gani merupakan salah satu Komisaris Utama (Komut) BUMN termuda. Dirinya pertama kali diangkat menjadi Komut pada usia 39 tahun.

Andi Gani terpilih memegang jabatan Presiden Komisaris PT PP sejak Mei 2015. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT PP Tbk, Andi Gani kembali terpili untuk menjabat Presiden Komisaris PT PP. 

Terpilihnya kembali Andi Gani sebagai Presiden Komisaris PT PP merupakan tahuk ke-9 dirinya memegang jabatan tersebut. Dalam RUPS tahunan PT PP, terdapat sejumlah perubahan susunan pengurus perseroan yang diusulkan oleh pemegang saham. 

Andi Gani sebagai Presiden Komisaris berharap susunan manajemen terbaru dapat membangun tim yang solid dan memajukan PT PP menjadi perusahaan yang semakin terdepan dan terbaik. 

Demikian ulasan profil Andi Gani Nena Wea. Menjelang Pemilu 2024, Andi Gani secara terbuka menyatakan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai presiden di periode pemerintahan selanjutnya. Posisi dan pengaruh kuat Andi Gani sebagai Presiden KSPSI dinilai akan menyumbang suara banyak kepada Ganjar Pranowo. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi