Ganjar Deklarasikan di Luar Pemerintahan, Gibran Pastikan PDIP Juga Oposisi

| 07 May 2024 16:40
Ganjar Deklarasikan di Luar Pemerintahan, Gibran Pastikan PDIP Juga Oposisi
Calon wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka meyakini PDIP bakal oposisi. (Era.id/Amalia Putri)

ERA.id - Ganjar Pranowo menyatakan dirinya tak akan bergabung dengan pemerintahan mendatang. Terkait hal ini, Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menghormati pilihan tersebut.

Hal ini disampaikan Gibran saat ditemui di sela kegiatannya sebagai wali kota di Balai Kota Solo, Selasa (7/5/2024). 

"Ya sudah, enggak apa-apa (deklarasi oposisi). Tetap mohon dikawal dari luar ya,” kata Gibran. 

Suami Selvi Ananda itu juga tak mempersoalkan siapapun yang memberikan masukan pada pemerintahan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Baik dari dalam ataupun pihak dari luar, semua ditampung. 

"Tidak masalah,” ujarnya. 

Saat ditanya apakah sudah berkomunikasi dengan Ganjar Pranowo, Gibran mengungkapkan jika Prabowo sudah melakukan komunikasi yang intens dengan para pimpinan PDIP

Sementara saat ditanya lebih lanjut apakah juga Prabowo-Gibran berkomunikasi dengan para mantan peserta Pilpres 2024, ia bilang nantinya akan mencoba berkomunikasi lagi. 

"Ya nanti coba komunikasi,” ujarnya. 

Lebih lanjut, menanggapi mengenai sikap PDIP, apakah akan berada dalam pemerintahan atau di luar, Gibran meyakini sikap partai berlambang banteng itu sama seperti Ganjar.

Namun sesuai dengan arahan dari Prabowo, Gibran menyatakan bahwa semua akan dirangkul. 

"Oh, ya pasti, biasanya seperti itu. Tapi sekali lagi, atas arahan dari pak presiden terpilih, semuanya akan coba dirangkul, yang namanya dialog, komunikasi tetap kita jaga dengan semua partai. Tapi sekali lagi ini keputusannya di Pak Presiden terpilih,” ujarnya. 

Terkait rencana PDIP yang meminta pada Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk menunda pelantikan, Gibran menyatakan akan menunggu proses di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) berproses dahulu. 

"PTUN-nya biar berproses dulu, kita ikuti proses dan mekanisme yang ada,” ujarnya. 

Ditanya lebih lanjut apakah arti merangkul merupakan memasukkan ke dalam kabinet dan pemerintahan, Gibran tak memberikan jawaban pasti. 

”Ya itu nanti lihat dulu. Kemarin habis penetapan KPU juga beliau langsung silaturahmi, menerima tamu-tamu dari luar koalisi juga. Intinya adalah komunikasi jangan sampai putus. Silaturahmi dengan partai-partai lain jangan sampai putus,” kata Gibran. 

Sementara terkait penyusunan kabinet, Gibran menilai waktunya masih panjang. Dan penyusunan kabinet ini merupakan kewenangan dari Prabowo sebagai presiden terpilih. 

”Kalau masalah penyusunan kabinet dan lain-lain ya itu nanti,” ujarnya. 

Rekomendasi