Kemenhub Periksa Asri Damuna Buntut Kasus 'Hotel' YouTuber Korea Selatan

| 10 May 2024 14:10
Kemenhub Periksa Asri Damuna Buntut Kasus 'Hotel' YouTuber Korea Selatan
Kemenhub periksa Asri Damuna (Istimewa)

ERA.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menanggapi kabar yang beredar terkait salah satu pejabatnya diduga mengajak YouTuber asal Korea Selatan ke hotel. Kemenhub membenarkan pria yang viral itu merupakan salah satu pejabat di Kemenhub.

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati membenarkan pria berkepala botak itu bernama Asri Damuna dan merupakan seorang pejabat di Kemenhub. Asri disebut menjabat sebagai kepala kantor Unit Penyelenggara Bandara (UPB) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara.

"Memang benar yang bersangkutan Asri Damuna, Kepala Kantor UPB Sangia Nibandera Kolaka," kata Adita saat dihubungi, Jumat (10/5/2024).

Adita belum bicara banyak mengenai kasus ini. Dia hanya menambahkan Asri Damuna sedang diperiksa oleh pejabat Kemenhub yang berwenang.

"Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh pejabat yang berwenang di Kemenhub. Jika terbukti ada hal-hal yang dilanggar, baik secara peraturan maupun etika sebagai ASN, maka akan diterapkan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," ucap Adita.

Sebelumnya, beredar kabar jika pria yang berkenalan dan mengajak YouTuber asal Korea Selatan (Korsel), Jiah ke hotel, merupakan pejabat di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Akun X @Little_secret9 menyampaikan jika pria botak itu bukan bernama Albert, melainkan Asri Damuna. Dia merupakan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandara (UPB) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Asri disebut sudah mempunyai istri dan menjabat sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan Sangia Nibandera.

Aksi Asri Damuna ini bermula dari video YouTuber Korsel saat liburan ke Indonesia dan dihampiri pria viral. Perempuan bernama Jiah itu diajak pergi ke hotel oleh pria tersebut.

Pada video yang diunggah akun YouTube @jiah4458, awalnya Jiah duduk sambil makan dan merekam kegiatannya di sebuah restoran di Manado, Sulawesi Utara. Kemudian dua orang pria yang duduk di meja dekatnya menyapanya. 

Lalu mereka berkenalan, dengan Jiah yang mengungkap bahwa ia asal Korea dan si pria mengatakan ia asal Kendari. Kemudian pria tersebut mengajak Jiah untuk duduk bergabung di meja mereka.

“Gabung di sini, gabung. Boleh gabung sini,” kata salah satu pria. 

Jiah kemudian duduk bersama mereka dan berbincang. Jiah mengaku bahwa ia akan pergi ke Bunaken dan kedua pria itu mengaku berada di Manado untuk urusan bisnis.

Salah satu pria yang muncul dalam video bertanya tempat Jiah menginap. Kemudian mereka mengajak Jiah untuk bermain ke hotel mereka menginap.

"Mampir ke hotel boleh. Mampir ke hotel aku boleh,” kata salah satu pria.

"Tapi jam 2 perahu ke Bunaken (berangkat),” balas Jiah seolah mengisyaratkan penolakannya untuk ajakan tersebut.

Rekomendasi