Ahok soal Konsep Ideal Jakarta yang Tak Lagi Jadi DKI: Yang Penting Perut Rakyat Kenyang

| 10 May 2024 22:15
Ahok soal Konsep Ideal Jakarta yang Tak Lagi Jadi DKI: Yang Penting Perut Rakyat Kenyang
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok (Youtube/Panggil Saya BTP)

ERA.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menanggapi soal konsep Jakarta yang ideal. Menurutnya, Jakarta akan menjadi sebuah kota metropolitan yang besar.

"Tapi bagaimana penduduknya itu, jangan ini jadi kota yang begitu besar tapi perutnya tidak kenyang, kan kata Bung Karno yang penting perut rakyat itu kenyang," kata Ahok dalam tayangan Youtube Panggil Saya BTP, dikutip Jumat (10/5/2024).

Menurutnya, bila perut kenyang maka pikiran tenang dan dompet bisa penuh karena bisa bekerja dengan baik. Jakarta harus dibuat sebagai kota yang sangat menguntungkan semua pihak.

"Diadministrasi dengan baik. Menurut saya tidak ada pengaruhnya ketika ibu kota harus pindah pun, karena Jakarta tetap menjadi kota bisnis, budaya, pusat keuangan, tepat turis, dan ini akan kita wujudkan," katanya.

Ia menambahkan perusahaan perlu memberikan kontribusi pada setiap pembangunan. Perlu ada dekompensasi koefisien luas bangunan. Sehingga, ketika ada bangunan yang dibangun ke atas, maka perlu ada kontribusi membangun Jakarta.

"Sehingga Jakarta itu bisa memfokuskan uangnya untuk memperhatikan saudara-saudara kita yang berkekurangan," katanya.

Ia tak ingin Jakarta menjadi kota yang besar, banyak orang kaya dan pintar datang tapi ada orang-orang tertinggal yang tak mempunyai daya beli. Karena itu perlu ada program untuk menjamin setiap keluarga di Jakarta punya kemampuan keuangan minimal Rp5 juta.

"Ideal tinggal di Jakarta harusnya Rp5-10 juta. Rp15 juta lebih bagus. Dengan adanya uang seperti ini, pemerintah yang harus mengadministrasi keadilan sosial, bagian mana yang membuat warga, keluarga Jakarta tidak mempunyai Rp5 juta. Kalau dia tidak punya kerjaan pun kita harus melatih mereka biar mampu dengan pasukan yang warna-warni," katanya

Rekomendasi