Anies Pertimbangkan Maju Pilkada Jakarta, Golkar: Mau Turun Pangkat?

| 20 May 2024 19:40
Anies Pertimbangkan Maju Pilkada Jakarta, Golkar: Mau Turun Pangkat?
Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menanggapi peluang Anies Baswedan maju sebagai calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Menurutnya, Anies perlu mempertimbangkan hal tersebut jika tak ingin turun pangkat dari calon presiden menjadi calon gubernur.

"Mau turun pangkat lagi dari capres menjadi cagub lagi gitu," kata Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/5/2024).

Meski begitu, dia mengakui bahwa siapa saja memiliki hak untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Hanya saja, jalur paling mudah untuk maju yaitu dengan diusung oleh partai politik.

"Siapapun orang memiliki hak termasuk Pak Anies untuk maju menjadi gubernur DKI Jakarta. Tapi tentu kan kita tahu bahwa majunya seseorang menjadi kepala daerah itu kan harus mendapatkan dukungan dari partai politik," ucapnya.

Dia lantas menyinggung, jika Anies berniat maju lagi di Pilkada Jakarta, apakah sudah mengantongi restu yang cukup dari partai politik.

"Pertanyaannya adalah tentu dari partai mana gitu ya," imbuh Ace.

Sebelumnya, Anies Baswedan buka-bukaan mengaku sedang mempertimbangkan maju sebagai calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024.

"Memang saya mendapatkan undangan dari parpol-parpol, ditawarkan, diminta untuk dicalonkan jadi gubernur. Saat ini saya sedang mempertimbangkan. Apakah kembali atau tidak," kata Anies saat menghadiri acara silaturahmi dan halal bihalal dengan PKL dan Warga Kampung Jaringan Rakyat Miskin Kota di Kampung Marlina, Minggu (19/5).

Diketahui, sebelum mencalonkan diri sebagai kandidat capres di Pilpres 2024, Anies menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta selama satu periode.

Hingga saat ini, Partai NasDem membuka pintu untuk mengusung Anies di Pilkada Jakarta 2024. Namun belum mendapatkan kepastian dari Anies.

Rekomendasi