Megawati hingga Puan Maharani Akan Berpidato pada Hari Pertama Rakernas

| 23 May 2024 20:41
Megawati hingga Puan Maharani Akan Berpidato pada Hari Pertama Rakernas
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (Antara)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri akan berpidato pada hari pertama Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP di Beach City International Stadium (BCIS) Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5).

Hal ini diungkapkan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto usai menerima obor api abadi dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, yang dibawa oleh pelari maraton dan para kader partai.

“Hari pertama akan disampaikan pidato politik Ibu Ketua Umum yang menjadi suatu arah kebijakan di dalam seluruh materi yang dibahas di dalam rakernas,” kata Hasto dalam sambutannya di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (23/5/2024).

Selain itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani juga akan berpidato di hadapan ribuan kader. Kemudian, berbagai pencapaian partai yang terjadi selama ini pun bakal disampaikan dalam rakernas tersebut.

“Kemudian kita mendengarkan pandangan umum DPD DPD Partai yang telah menyerap aspirasi dari arus bawah, anak ranting, dan PAC partai,” ungkap Hasto.

Selanjutnya, kegiatan rakernas juga akan diisi dengan pembekalan dari pihak eksternal. Topik yang dibahas nantinya adalah yang berkaitan dengan problematika dalam bangsa.

Tak hanya itu, PDIP juga akan melakukan evaluasi. Proses ini biasanya dilaksanakan saat sidang komisi terkait.

"Juga dilakukan dilakukan suatu upaya merumuskan langkah-langkah konsolidasi ke depan, persiapan pilkada serentak dan juga sikap politik yang akan disampaikan oleh partai," jelas Hasto.

Sebagai informasi, Rakernas V PDIP mengusung tema besar 'Satyameva Jayate: Kebenaran Pasti Menang' dan subtema 'Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran'. Kegiatan ini digelar pada 24-26 Mei 2024 di Beach International Stadium Ancol, Jakarta.

Rencananya kegiatan ini akan dihadiri 4.858 peserta yang terdiri dari seluruh fungsionaris partai seperti DPP Partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai; Anggota DPR RI; badan dan sayap partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) dari 16 negara.

Kemudian hadir juga anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota; kepala dan wakil kepala daerah PDIP; serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent.

Rekomendasi