Pilpres 2024 Sudah Selesai, Megawati Ungkap PPP, Hanura dan Perindo Tetap Bersama PDIP

| 25 May 2024 06:15
Pilpres 2024 Sudah Selesai, Megawati Ungkap PPP, Hanura dan Perindo Tetap Bersama PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berpidato di Rakernas ke-V PDIP. (Dok. DPP PDIP)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengungkapkan, ada tiga partai yang memilih tetap bersama PDIP meski Pilpres 2024 telah selesai. Ketiganya adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo. 

Hal ini Megawati sampaikan saat pidato politiknya pada pembukaan Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024). Awalnya, dia bercerita pernah bertanya kepada Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesodibjo soal posisi mereka setelah Pilpres 2024.

Sebagai informasi, keempat partai ini bekerja sama pada Pilpres 2024 mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Namun, pasangan ini gagal memenangkan pemilu tersebut.

“Beliau bertiga dan setelah, pemilu, pileg, (pemilihan) presiden, beliau bertiga mengatakan pada saya, karena saya juga bertanya, bahwa ini pileg pilpres sudah dinyatakan selesai. Tetapi, tentu saya ingin menanyakan, ‘bapak bertiga bagaimana?’,” kata Megawati.

“‘Saya masih terus mau ikut sama PDI Perjuangan’,” sambungnya menirukan jawaban tiga ketua umum partai itu.

Megawati pun mengucapkan terima kasih kepada tiga partai yang mau bekerja sama dengan PDIP. “Karena sebetulnya harusnya begitulah tata krama yang namanya di negara kita ini,” tegas dia.

Selanjutnya, Megawati juga sempat menyinggung soal sistem ketatanegaraan di Indonesia. Ia menjelaskan, dalam sistem presidential yang dianut bangsa ini, hanya ada bentuk kerja sama, bukan koalisi maupun oposisi.

“Lalu kalau ada yg bertanya, kalau tidak ikut (pemerintahan)?Ya itu artinya tidak ada bersama-sama,” jelas Megawati.

Rekomendasi