Posisi Politik PDIP Disampaikan saat Kongres, Megawati: Belum Menit ini Saya Ngomong

| 26 May 2024 19:30
Posisi Politik PDIP Disampaikan saat Kongres, Megawati: Belum Menit ini Saya Ngomong
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri masih rahasikan sikap politik partainya. (Dok. DPP PDIP)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri belum memberikan keputusan resmi terkait sikap resmi partainya terhadap pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dia memberi sinyal sikap politik PDIP bakal disampaikan dalam Kongres ke-VI partainya pada 2025.

"Posisi politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan yang akan datang, merupakan sebuah hal yang bersifat strategis, dan selama ini selalu diputuskan di dalam Kongres Partai," kata Megawati dalam Rakernas ke-V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2024).

Meski begitu, dia meyakini para kadernya sudah memahami DNA dari PDIP sebagai pejuang demokrasi.

Dia menekankan, sikap politik partainya didasarkan pada pemikiran, mana yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik, berdaulat dan lebih berdiri di atas kaki sendiri.

"Itu lah landasan pilihan sikap, sikap, sikap politik kita," tegas Megawati.

Dia lantas menggoda bahwa banyak pihak yang sudah menunggu bagaimana sikap politik PDIP di pemerintahan yang baru. Tapi dia memang belum mau menyampaikannya dalam Rakernas.

"Nah ini kan juga, sikap politik partai berada di dalam atau di luar pemerintahan. Gitu kan? Lha iya, enak wae. Belum menit ini saya ngomong," kata Megawati sembari tertawa.

"Kan harus dihitung secara politik lho. Enak aja. Ini kan wartawan paling tungguin Iki. Sikap dari rakernas, tadi pagi saya baca kompas, akan menentukan sikap blablabla, haha, aku sambil sarapan gitu kan, aku bilang, haha, enak aja. Gue mainin dulu dong," imbuhnya.

Dia lantas meminta para kadernya supaya fokus untuk turun ke bawah bersama rakyat dan memenangkan Pilkada 2024.

"Karena itulah yang saat ini penting adalah, sudah lah, turun ke akar rumput untuk persiapan Pilkada ini," pungkas Megawati.

Rekomendasi