Beri Bantuan Sumber Air Bersih di Gunungkidul, Prabowo: Masyarakat Bisa Panen Tiga Kali

| 04 Jun 2024 06:15
Beri Bantuan Sumber Air Bersih di Gunungkidul, Prabowo: Masyarakat Bisa Panen Tiga Kali
Menhan Prabowo Subianto berikan bantuan air ke warga Gunung Kidul. (Dok. Tim Media Prabowo)

ERA.id - Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto meninjau pemasangan bantuan pipa air bersih di Kalurahan Banyusoco, Playen, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (3/6/2024). Disebutkan, program bantuan pipa air bersih ini dapat membantu masyarakat setempat untuk melakukan panen sebanyak tiga kali dalam setahun dibandingkan sebelumnya yang hanya satu kali.

“Berarti masyarakat bisa panen tiga kali, yang sebelumnya hanya satu kali,” kata Prabowo dalam siaran persnya.

Bantuan ini berasal dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI dan Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk membantu masyarakat yang mengalami krisis air bersih.

Daerah-daerah di wilayah Gunungkidul diketahui mengalami kekeringan dan kesulitan dalam mengakses air selama beberapa bulan terakhir, terutama saat musim kemarau tiba.

Dalam kesehariannya, para masyarakat memanfaatkan bantuan tersebut untuk pengairan pertanian.

"Ini airnya bisa 15 liter per detik, jadi untuk mengaliri semua 82 tandon," jelas Rektor Unhan RI, Jonni Mahroza.

Sebagai informasi, sumber titik air di Kalurahan Banyusoco berasal dari gua yang berada di wilayah tersebut. Saat ini, sedang dikerjakan 16 titik sumber air bersih di gua, yang dapat mengairi lahan pertanian sekitar 7.400 hektare.

Satu titik mata air gua dapat mengairi sekitar 1.000 hektare, 700 hektare, dan yang paling rendah 200 hektare lahan pertanian. 

Sebelumnya, Prabowo juga telah meresmikan 11 titik sumber air bersih di Gunungkidul dan Bantul pada Agustus 2023.

Secara umum, Satgas Air Unhan RI telah menemukan sumber air dan membangun instalasi air bersih di lebih 130 lokasi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dintaranya, Nusa Tenggara Barat (NTB), Yogyakarta, Jawa Barat, Maluku Barat Daya, dan Banten di sepanjang tahun 2023.

Rekomendasi