PAN Klaim Golkar dan Gerindra Sepakat Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

| 07 Jun 2024 16:04
PAN Klaim Golkar dan Gerindra Sepakat Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta
Ridwan Kamil dapat tiket maju Pilkada Jakarta 2024 dari PAN, Golkar dan Gerindra. (Antara).

ERA.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas mengklaim, partainya bersama Partai Golkar dan Partai Gerindra sepakat mengusung Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Dia mengaku sudah menanyakan hal itu kepada Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Saya menyampaikan kalau Jakarta Ridwan Kamil, tapi kan pak Airlangga ridwan Kamil Jawa Barat. Saya tanya Jakarta, Ridwan Kamil. Kenapa? Ya tentu ada pertimbangan di belakangnya," kata Zulhas kepada wartawan, dikutip Jumat (7/6/2024).

Sedangkan untuk Partai Gerindra sudah setuju, hanya tinggal menunggu kesepakatan siapa yang menjadi wakilnya.

"Nah Gerindra juga sekarang sudah Ridwan Kamil ya. Nanti wakilnya siapa memang baru disepakati," katanya.

Terkait siapa yang bakal maju di Pilkada Jawa Barat, nama Dedi Mulyadi banyak dijagokan. PAN berharap kader internalnya bisa mengisi kursi nomor dua.

"Untuk sementara kalau Jakarta di Ridwan Kamil maka di kemungkinan di Jawa Barat gerindra yaitu Deddy mulyadi. Nah wakilnya nanti InsyaAllah PAN," kata Zulhas.

Sebelumnya, Partai Gerindra merekomendasikan Wakil Ketua Umum Partau Golkar Ridwan Kamil (RK) sebagai calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, keputusan itu sudah diputuskan di internal partainya.

"Soal posisinya Kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada Jakarta," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/6).

Nantinya, RK bakal dipasangkan dengan kader internal Partai Gerindra. Namun soal siapa yang berpeluang menjadi calon wakil gubernur Jakarta masih digodok.

"Masih ada lagi kader internal yang sedang dipertimbangkan. Nanti pada saatnya itu akan disampaikan ke publik," kata Dasco.

Sementara Partai Golkar sebelumnya memberikan dua rekomendasi kepada RK di Pilkada serentak 2024. Yaitu maju sebagai bacagub di Jakarta dan Jawa Barat.

Rekomendasi