KPK Resmi Perkenalkan Tessa Mahardika Sebagai Jubir Baru, Pengganti Ali Fikri

| 07 Jun 2024 18:45
KPK Resmi Perkenalkan Tessa Mahardika Sebagai Jubir Baru, Pengganti Ali Fikri
Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati Iskak dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024). (Era.id/Flori Anastasia)

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi memperkenalkan Tessa Mahardika Sugiarto sebagai Juru Bicara KPK yang baru menggantikan Ali Fikri. Dia telah mengantongi Surat Keputusan (SK) dari Pimpinan KPK tentang pengangkatan Tim Juru Bicara pada KPK.

"Dalam SK itu ditugaskan yang pertama adalah Mas Tessa Mahardika Sugiarto sebagai juru bicara," kata Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati Iskak dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).

Yuyuk mengatakan, dalam SK itu, Pimpinan KPK juga menunjuk Budi Prasetyo untuk membantu kinerja Tessa pada Tim Juru Bicara. Budi menggantikan posisi Ipi Maryati sebagai Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK.

"Penugasan tim jubir ini akan berlaku efektif mulai hari ini," ujar Yuyuk.

Selain itu, Yuyuk mengungkapkan, saat ini Ali tetap menduduki posisi sebagai Kepala Bagian Pemberitaan di Biro Humas KPK. Sedangkan, Ipi memiliki tugas sebagai kepala satuan tugas di Direktorat Antikorupsi Badan Usaha dibawah Kedeputian Pencegahan Dan Monitoring KPK.

Dalam kesempatan itu, Tessa Mahardika berjanji akan melanjutkan tugas-tugas yang sebelumnya dilakukan Ali dan Ipi dengan baik.

"Kami ditugaskan oleh pimpinan untuk melanjutkan tugas-tugas yang sudah dikerjakan dengan baik oleh Mas Ali Fikri dan Ipi Maryati," kata Tessa.

"Kami berkomiten untuk bisa mendekati kulitas kerja sama dan pemberitaan dan bahkan kalau bisa kami tingkatkan kerjasamanya kedepan," sambungnya.

Sebelumnya, Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango angkat bicara soal keputusan lembaganya menunjuk Tessa Mahardika Sugiarto sebagai juru bicara baru menggantikan Ali Fikri. Dia menyebut, penunjukan ini sebagai langkah penyegaran di lembaga antirasuah tersebut.

Adapun Ali Fikri selama ini menduduki jabatan definitif sebagai Kepala Bagian Pemberitaan KPK. Namun, dia juga menjabat jadi Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Bidang Penindakan KPK.

Selain untuk penyegaran, Nawawi menjelaskan, penggantianq ini dilakukan karena pihaknya ingin memberikan kesempatan bagi para pegawai berkompeten lainnya untuk menjadi 'corong' lembaga.

"Di KPK ini kita percaya banyak talenta-talenta pegawai yang kompeten dalam komunikasi publik. Jadi enggak ada salahnya kalau kami berencana melakukan semacam 'penyegaran' sekaligus memberi ruang kesempatan pada pegawai-pegawai KPK lainnya untuk menjadi 'corong' lembaga," kata Nawawi saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (7/6/2024).

Sebagai informasi, Ali Fikri merupakan pegawai KPK dengan latar belakang jaksa. Ia selalu hadir di Pengadilan Tipikor sebagai Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK.

Dia kemudian mengemban tugas juru bicara lembaga setelah Febri Diansyah mundur di era kepemimpinan Firli Bahuri yang kini juga telah mengundurkan diri.

Rekomendasi