Soal Usulan Posisi Ketua Harian, DPP PDIP Tunggu Aspirasi Akar Rumput

| 08 Jun 2024 18:00
Soal Usulan Posisi Ketua Harian, DPP PDIP Tunggu Aspirasi Akar Rumput
Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah merespons usulan jabatan ketua harian dibahas dalam Kongres ke-VI partainya di 2025 mendatang.

Dia mengatakan, tahapan untuk membicarakan Kongres ke-VI masih cukup panjang. Sebab, PDIP baru saja menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V beberapa waktu lalu.

"Kalau menyangkut kongres PDI Perjuangan, tahapannya nanti setelah Rakernas kemarin akan ditindaklanjuti dengan rapat kerja daerah di tingkat DPP dan di tingkat DPC," kata Basarah kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (8/6/2024).

Nantinya, hasil rapat kerja daerah tingkat DPD dan DPC akan dirangkum dan menjadi aspirasi untuk dimasukan ke dalam agenda kongres. Termasuk usulan mengenai perubahan struktur internal partainya.

"Jadi dengan demikian, tahapannya masih cukup panjang ya untuk kita mempersiapkan hal-hal yang strategis bagi materi-materi dan bahan-bahan yang akan dibahas di dalam kongres," ujarnya.

"Termasuk adanya usulan-usulan mengenai perubahan-perubahan struktur dalam organisasi PDI Perjuangan, tentu kita akan mengkaji dulu," imbuh Basarah.

Dalam melakukan kajian, DPP PDIP akan menyerap aspirasi dari akar rumput. Setelah itu dirangkum dan diserahkan ke badan pekerja kongres untuk disampaikan dalam Kongres 2025.

"Hasil kajian ini kami serap aspirasi DPC, DPD dari akar rumput dan grassroot baru kemudian akan kami bahas dan kami formulakan. Nanti kongres akan memutuskan. Nah sekarang belum sampai ke situ," ungkapnya.

Sebelumnya, isu ketua harian ini dipersiapkan untuk transisi kepemimpinan di PDIP yang saat ini masih dijabat oleh Megawati Soekarnoputri.

Adapun dalam salah satu poin rekomendasi Rakernas PDIP, para kader meminta Megawati kembali menjadi Ketua Umum untuk periode 2025-2030.

Politisi PDI Perjuangan Aria Bima mengusulkan adanya jabatan ketua harian dalam struktur DPP PDIP periode 2025-2030 untuk menjalankan tugas teknis. Posisi ketua harian diharapkan diisi oleh kader muda.

Hal itu disampaikan saat disinggung soal regenerasi di internal partainya.

"Kami berharap nanti kedepannya untuk yang lebih teknis tentu ada jenis-jenis ketua harian yang lebih muda, yang lebih bisa menavigasikan partai dengan era gen Z yang pemilihnya hampir masuk ke 156 juta untuk Pemilu 2029," kata Aria di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/5).

Apabila kedepannya ada jabatan ketua harian, menurutnya Megawati bisa saja menjabat sebagai Dewan Syuro atau Majelis Tinggi partai yang memiliki hak veto.

"Kita percaya bahwa Ibu Mega akan lebih berfungsi seperti Dewan Syuro, Majelis Tinggi yang mempunyai hak veto," ucapnya.

Rekomendasi