Soal Restu Jokowi untuk Kaesang Maju Pilkada, Budi Arie: Tunggu Perkembangan Seminggu ke Depan

| 10 Jun 2024 16:15
Soal Restu Jokowi untuk Kaesang Maju Pilkada, Budi Arie: Tunggu Perkembangan Seminggu ke Depan
Ketua Umum Projo Budi Arie ungkap peluang Kaesang maju Pilkada 2024. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Ketua Umum Projo Budi Arie mengatakan, bakal ada perkembangan dalam sepekan ke depan terkait peluang Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Hal itu merespons soal restu Presiden Joko Widodo terkait kabar putra bungsunya dilirik untuk dimajukan pada pilkada mendatang.

"Kita tunggu saja perkembangan dalam seminggu ke depan ya," kata Budi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Terkait dengan pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang mengklaim Presiden Jokowi keberatan jika Kaesang maju di Pilkada Jakarta 2024, Budi tak berkomentar banyak.

Dia hanya mengatakan, dinamika masih mungkin terjadi dalam waktu dekat, apalagi tak ada halangan bagi Kaesang untuk maju jika melihat putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengubah batas usia calon kepala daerah. Terlebih, pendaftaran pasangan calon kepala daerah baru dibuka pada 27 Agustus 2024.

"Begini, kita masih punya waktu sekitar dua bulan ke depan, tunggu aja dua bulan kan masih bisa terjadi. Yang penting kan selama memenuhi persyaratan pdan undang-undang yang berlaku dan dipilih rakyat," kata Budi.

Namun dia memberi sinyal adanya peluang nama Kaesang meramaikan bursa di Pilkada Jakarta 2024.

"Tunggu aja semua peluang selama janur kuning belum melengkung ya boleh," ucap menteri komunikasi dan informatika itu.

Sebelumnya, Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep akhirnya angkat bicara soal isu dirinya bakal maju dalam Pilgub Jakarta 2024. Dia menyebut, bakal ada kejutan pada Agustus mendatang.

Adapun jadwal tahapan Pilkada 2024 dimulai bulan Agustus. Rinciannya, tanggal 24—26 Agustus 2024: pengumuman pendaftaran pasangan calon; dan tanggal 27—29 Agustus 2024 dijadwalkan untuk pendaftaran pasangan calon;

"Kalau ditanya saya maju atau tidak, tunggu kejutannya di bulan Agustus. Sudah itu aja," ujar Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Selasa (4/6).

Rekomendasi