Berpeluang Dipasangkan dengan Kaesang di Pilgub Jakarta, Ini Respons Anies

| 13 Jun 2024 18:16
Berpeluang Dipasangkan dengan Kaesang di Pilgub Jakarta, Ini Respons Anies
Anies Baswedan (Era.id/Flori Anastasia)

ERA.id - Anies Rasyid Baswedan merespons soal peluang dirinya dipasangkan dengan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep dalam Pilgub Jakarta 2024. Dia menyebut, siapapun memiliki hak yang sama untuk dipilih.

Sebagai informasi, DPW PKB DKI Jakarta merekomendasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024. Surat rekomendasi itu akan dilayangkan ke DPP PKB.

"Sebenarnya secara prinsip tiap warga negara memiliki hak yang sama. Hak yang sama untuk dipilih," kata Anies di Kantor DPW PKB Jakarta, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024).

Anies menyebut, siapapun sosok yang akan mendampinginya saat pilkada nanti dipilih melalui proses penetapan oleh partai-partai pengusung. Ia mengungkapkan, para partai pengusung bakal berdiskusi mencarikan kombinasi pasangan sebagai bagian proses politik. Sehingga menurut dia, setiap individu memiliki kesempatan untuk dipilih.

"Saya bisa katakan secara prinsip negeri ini menganut prinsip itu, semua punya kesetaraan kesempatan," ujar dia.

Saat disinggung apakah dirinya tertarik berpasangan dengan Kaesang, Anies tak menjawab secara tegas. Dia menekankan, fokus utama saat ini adalah memikirkan partai yang akan bergabung dengan PKB.

"Sekarang ini, kita memikirkan bagaimana agar PKB tidak sendirian. Tetapi bisa bersama-sama dengan partai yang lain. Karena tidak mungkin sendirian bukan," jelas Anies.

"Jadi urutannya begitu dulu, setelah urutan itu selesai, baru kita bicarakan pasangan," sambungnya.

Sebelumnya, DPW PKB juga membuka peluang menduetkan Anies dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Keduanya dinilai cocok jika berpasangan menjadi calon pemimpin Jakarta mendatang.

"Kita terbuka termasuk dengan Mas Kaesang yang kemarin di media bahwa Mas Kaesang mau menjadi wakil Pak Anies," kata Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas di Kantor DPW PKB Jakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 12, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (12/6).

Hasbiallah mengeklaim komunikasi DPW PKB Jakarta dengan jajaran PSI sudah dilakukan. Ia yakin langkah ini jadi pembuka dalam menatap Pilgub Jakarta bersama-sama.

Merespons peluang itu, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku siap untuk berpasangan dengan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

"Saya enggak masalah kalau nanti akan dipasangkan oleh Pak Anies," kata Kaesang di Jakarta, Rabu (12/6).

Menurutnya, berpasangan dengan Anies di pilkada mendatang menjadi sesuatu yang menarik. Terlebih, manta nmenteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) itu masih memiliki elektabilitas yang tinggi di Jakarta.

"Saya kira (berpasangan dengan Anies) itu juga baik, dan kita lihat juga Pak Anies kalau kita lihat surveinya sekarang yang paling tinggi," kata Kaesang.

Rekomendasi