Peluang Duetkan Ahmad Luthfi dengan Kaesang, Gerindra: Menarik

| 23 Jul 2024 07:40
Peluang Duetkan Ahmad Luthfi dengan Kaesang, Gerindra: Menarik
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menilai wacana duet Ahmad Lutfhi-Kaesang di Pilgub Jateng 2024 cukup menarik. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani merespons peluang menduetkan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Pilgub Jateng 2024. Menurutnya, memasangkan keduanya cukup menarik.

Diketahui, Partai Gerindra resmi mengusung Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur Jateng pada pilgub mendatang.

"Ya menarik (menduetkan Ahmad Luthfi-Kaesang)," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Dia tak menampik nama Kaesang cukup menonjol untuk dipasangkan dengan Ahmad Lufthfi. Terlebih elektabilitas putra bungsu Presiden Joko Widodo itu cukup tinggi.

Dalam sejumlah hasil sigi lembaga survei, elektabilitas Kaesang bersaing ketat dengan Ahmad Luthfi.

"Nama Kaesang yang menonjol," kata Muzani.

Meski begitu, menurut Muzani, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto belum membahas secara khusus siapa tokoh yang akan disandingkan dengan Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng 2024. Walaupun sejumlah nama masuk radar.

Dia mengatakan, Prabowo akan mengumumkan pasangan yang akan diusung di Pilgub Jateng 2024 di waktu yang tepat.

"Sejumlah nama agak dominan, ada Mas Kaesang, ada siapa-siapa. Tapi Pak Prabowo sangat mengkaji hal itu dan pada waktunya pasti akan diputuskan," ucap Muzani.

Dia menambahkan, komunikasi politik dengan partai-partai lain untuk menjajaki kerja sama di Pilgub Jateng 2024 akan lebih intensif setelah Ahmad Luthfi tak lagi berstatus sebagai pejabat Polri.

"Tentu pada waktunya Pak Luthfi mungkin akan segera pensiun dari posisinya sebagai jabatan kapolda atau polisi aktif untuk segera mempersiapkan diri menjadi calon gubernur," kata Muzani.

"Dan mungkin setelah itu intesitas komunikasi politik dengan para pihak, termasuk dengan pejabat partai akan diintensifkan. Karena posisinya beliay sudah nonaktif sebagai anggota kepolisian," imbuh wakil ketua MPR RI itu.

Diberitakan sebelumnya, Kaesang menilai Ahmad Lutfhi lebih cocok dimajukan sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jateng 2024 ketimbang dirinya. Meskipun elektabulitasnya menurut sejumlah lembaga survei lebih unggul.

Menurutnya, Ahmaf Luthfi memiliki kapasitas dan rekam jejak yang mumpuni untuk memimpin Jateng.

"Saya rasa beliay memang pantas menjadi gubernur di Jateng untuk periode selanjutnya," kata Kaesang dilansir dari Antara, Sabtu (20/7).

"Kita lihat lagi bahwa Provinsi Jateng ini sangat besar, dan Pak Ahmad Luthfi sendiri juga sebagai kapolda sudah pernah, yang beliau lakukan sudah banyak, khususnya di Jateng," sambungnya.

Namun dia masih enggan menjawab soal peluang dirinya dipasangkan dengan Ahmad Lutfhi.

Dia meminta semua pihak menunggu keputusannya.

"Balik lagi, untuk masalah Luthfi-Kaesang atau Kaesang- Luthfi, lihat nanti ya," kata Kaesang.

Rekomendasi