Jokowi Sumbang 68 Ekor Sapi Kurban ke Seluruh Provinsi Termasuk IKN

| 14 Jun 2024 11:00
Jokowi Sumbang 68 Ekor Sapi Kurban ke Seluruh Provinsi Termasuk IKN
Ilustrasi hewan kurban. (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo bakal menyumbang 68 ekor sapi kurban pada perayaan Iduladha 1445 Hijriyah ke 38 provinsi di Indonesia, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu (ekor), termasuk OIKN (Otorita IKN) satu (ekor), dan beberapa arahan khusus Bapak Presiden," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dilansir dari Antara, Jumat (14/6/2024).

Heru merinci, 68 ekor sapi kurban itu selain disalurkan ke 38 provinsi dan IKN, juga akan diberikan ke Masjid Istiqlal dan masjid tempat Jokowi nantinya beribadah salat Id. Jumlahnya masing-masing satu ekor.

Selain itu, Jokowi juga akan memberikan 27 ekor sapi untuk tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Kalimantan Timur serta masjid dan pondok pesantren di dekat kawasan IKN.

Menurut Heru, berat sapi kurban yang disumbangkan bervariasi mulai dari 800 kilogram hingga 1 ton setiap ekor.  

Dia menambahkan, Sekretariat Presiden akan bekerja sama dengan dinas pertanian dan peternakan di masing-masing daerah untuk memastikan bahwa sapi-sapi kurban tersebut telah melalui proses pemeriksaan kesehatan sehingga aman dikonsumsi masyarakat.  

“Kami pastikan semua sapi selama proses pemilihan tersebut melalui rangkaian (tes) kesehatan sehingga terhindar dari penyakit yang memang tidak kita inginkan,” ujar Heru.

Terkait di mana Jokowi akan melaksanakan salat Iduladha, pihak Istana belum bisa memastikannya.

"Ini sedang dibahas dengan Pak Mensesneg," pungkasnya.

Rekomendasi