SYL Ngaku Menteri Paling Miskin: Rumah Saya Masih Nyicil

| 25 Jun 2024 13:09
SYL Ngaku Menteri Paling Miskin: Rumah Saya Masih Nyicil
Terdakawa mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (Antara)

ERA.id - Terdakawa mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengeklaim sebagai menteri paling miskin. Dia mengaku masih mencicil rumahnya yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Hal ini SYL sampaikan dalam sidang lanjutan perkara korupsi Kementan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (24/6).

"Saya ini termasuk menteri yang paling miskin. Rumah saya itu, di BTN di Makassar waktu saya gubernur. Ini baru saja saya mau mencicil. Karena saya berharap di akhir perjalanan umur saya yang 70 tahun saya berada di sini, dan ini dicicil," kata SYL di hadapan majelis hakim.

Politisi Partai NasDem ini menekankan bahwa dirinya hanyalah manusia biasa yang memiliki banyak kesalahan. Ia pun mengaku siap menerima hukuman atas perbuatannya.

"Tetapi saya manusia biasa, yang tentu banyak salah dan lain-lain. Saya banyak menyangkal hari ini, ada yang diberhentikan, tidak sebenarnya," ujar SYL.

Dalam kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementan, SYL didakwa melakukan pemerasan atau menerima gratifikasi dengan total Rp44,5 miliar.

Pemerasan dilakukan SYL bersama Sekretaris Jenderal Kementan periode 2021–2023 Kasdi Subagyono serta Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Tahun 2023 Muhammad Hatta, yang juga menjadi terdakwa.

Adapun keduanya merupakan koordinator pengumpulan uang dari para pejabat eselon I dan jajarannya, antara lain untuk membayarkan kebutuhan pribadi SYL.

Rekomendasi