Sebut PKS Bohong Soal Jokowi Sodorkan Namanya ke Parpol di Pilkada Jakarta, Kaesang: Jangan Bawa-bawa Presiden!

| 28 Jun 2024 13:53
Sebut PKS Bohong Soal Jokowi Sodorkan Namanya ke Parpol di Pilkada Jakarta, Kaesang: Jangan Bawa-bawa Presiden!
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep membantah tudingan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Aboe Bakar Al Habsyi yang menyebut Presiden Joko Widodo menyodorkan namanya ke sejumlah partai politik untuk diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

Dia balik menuding PKS tak bicara sesuai fakta. Putra bungsu Jokowi itu bahkan menantang untuk menyebutkan partai mana saja yang dimaksud.

"Pak Sekjen PKS tidak bicara sesuai fakta. Pak Jokowi tidak pernah menawarkan nama saya ke partai-partai. Silahkan cek, atau sebut nama partai mana yang pernah ditawari Pak Jokowi," kata Kaesang dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (28/6/2024).

"Cara-cara seperti itu tidak baik dan ini merupakan kebohongan pada publik," tegasnya.

Sebagai ketua umum partai politik, dia menegasakan memiliki kewenangan untuk mengusung seseorang dalam kontestasi politik. Dia bahkan mengklaim, sejumlah partai sempat menyodorkan jagoannya untuk diusung PSI karena partainya memiliki cukup kursi di DPRD Jakarta.

Kaesang justru curiga PKS ingin menutup pintu kerja sama politik dengan PSI di Jakarta. 

"PSI kan punya kursi di Jakarta, lumayan ada delapan kursi. banyak juga partai yang menyodor-nyodorkan jagoannya agar didukung PSI. Pernyataan Sekjen PKS mungkin hendak menutup pintu koalisi dengan PSI, ya enggak apa-apa juga," kata Kaesang.

Kaesang lantas menegaskan, sebaiknya jangan membawa-bawa ayahnya dalam urusan politik. Dia meminta semua pihak menunggu saja apa keputusannya terkait Pilkada 2024.

"Kewenangan itu semua ada di Ketua Umum kok, jadi kita tunggu saja. jangan bawa-bawa Presiden lah, yang Ketua Umum kan saya!" tegasnya.

Dia meminta kontestasi pilkada dijauhkan dari penyebaran berita bohong. 

"Itu merugikan masyarakat. Terlebih lagi akan merugikan pihak yang suka menyebar berita bohong seperti itu. Masayarakat kita sudah cerdas," ucap Kaesang.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengklaim Presiden Joko Widodo menyodorkan putra bungsunya yang juga Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, untuk diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

Menurutnya, Jokowi tak hanya menawarkan Kaesang ke satu partai politik saja, tetapi ke banyak partai.

"Sudah, sudah menyodorkan (Kaesang ke banyak partai politik)," kata Aboe di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Namun dia tak merinci partai mana saja yang sudah disodorkan Jokowi untuk mengusung Kaesang. Termasuk ke PKS.

"Kemana-mana," kata Aboe.

Rekomendasi