Soal Dorong Kaesang di Pilgub Jakarta, Golkar: Anak Muda Lebih Mudah Garap Metropolitan Ketimbang Jawa Tengah

| 12 Jul 2024 14:30
Soal Dorong Kaesang di Pilgub Jakarta, Golkar: Anak Muda Lebih Mudah Garap Metropolitan Ketimbang Jawa Tengah
Suasana pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (Dok. DPP PSI)

ERA.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengungkap alasan partainya tertarik mendorong Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta ketimbang di Pilgub Jawa Tengah (Jateng). Menurutnya, anak mudah lebih cocok memimpin daerah metropolitan.

Belakangan elektabilitas Kaesang di Jawa Tengah melonjak pesat. Sejumlah partai melirik mengusung putra bungsu Presiden Joko Widodo itu sebagai bakal calon gubernur maupun bakal calon wakil gubernur Jateng.

"Anak muda menggarap kota besar, katakanlah metropolitian (seperti) Jakarta akan lebih mudah daripada katakanlah Jawa Tengah," kata Lodewijk di Jakarta, dikutip Jumat (12/7/2024).

Selain itu, populasi anak muda di Jakarta dinilai lebih banyak ketimbang di Jawa Tengah. Karenanya, Jakarta perlu memiliki sosok pemimpin dari generasi muda pula. 

"(Di Jawa Tengah) beliau (Kaesang) harus ke Gunungkidul, Wonosobo dan lain sebagainya. Kan lebih mudah dan faktor anak muda yang kreatif," kata Lodewijk.

Di samping alasan itu, Partai Golkar akan tetap memperhatikan sejumlah faktor lainnya. Menurut Lodewijk, masih cukup waktu untuk memantapkan dukungan.

"Tentunya itu bukan satu faktor itu saja, banyak faktor yang kita lihat dua bulan ini seperti apa," ucap wakil ketua DPR itu. 

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto terang-terangan merayu Kaesang Pangarep untuk maju di Pilkada 2024. Dia memastikan partainya siap mendukung pencalonan putra bungsu Presiden Joko Widodo itu.

Rayuan itu disampaikan usai pertemuan DPP PSI dengan DPP Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (11/7).

"Ramai berita tentang bagaimana mas kesang selaku ketum PSI mau didorong kemana, tadi kami bertukar pikiran dalam, lebar, luas," kata Airlangga.

"Kesimpulannya, masih ada waktu untuk memutuskan, masih ada waktu dua bulan. Tetapi, apabila kesempatan itu ada dan Mas Kaesang siap untuk maju Partai Golkar akan mendukung," imbuhnya.

Secara khusus, Airlangga menawarkan Kaesang untuk diusung sebagai bakal calon wakil gubernur di Pilgub Jakarta 2024. Bahkan partai berlambang pohon beringin itu sudah menyiapakan kadernya untuk mendampingi Kaesang yaitu Jusuf Hamka alias Babah Alung.

Menurutnya, Pilgub Jakarta merupakan tantangan tersendiri. Terlebih banyak yang harus dibenahi, khususnya terkait infrastruktur untuk mengurangi kemacetan yang menjadi masalah klasik di Jakarta.

"Nah untuk mendukung tadi mas ketum, Mas Kaesang, seandainya beliau memilih Jakarta saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah memalang melintang di infrastruktur yaitu Babah Alun," kata Airlangga.

Rekomendasi