Survei Pilgub Jabar Litbang Kompas: Elektabilitas Ridwan Kamil Capai 36,6 Persen

| 17 Jul 2024 12:15
Survei Pilgub Jabar Litbang Kompas: Elektabilitas Ridwan Kamil Capai 36,6 Persen
Elektabilitas Ridwan Kamil di Jawa Barat masih tertinggi. (Antara)

ERA.id - Libtang Kompas merilis survei terbaru terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar). Hasilnya, elektabilitas mantan Gubernur Jawa Baray Ridwan Kamil tertinggi dibanding tokoh lainnya.

Berdasarkan survei yang dirilis pada Rabu (17/7/2024), elektabilitas Ridwan Kamil paling melejit hingga mencapai 36,6 persen.

Di posisi kedua ada nama politisi Partai Gerindra Dedi Mulyadi. Namun elektabilitasnya jauh di bawah Ridwan Kamil. Eks bupati Purwakarta itu hanya memperoleh elektoral sebesar 12,2 persen.

Selain itu, muncul nama-nama lainnya dengan elektabilitas sekitar 1 persen. Misalnya, Wali Kota Bogor Bima Arya hanya memperoleh 1,6 persen.

Istri Ridwan Kamil yaitu Atalia Prataya juga masuk dalam bursa dengan perolehan elektabilitas yang sama seperti Bima Arya, sebesar 1,6 persen.

Selanjutnya ada nama Presiden PKS Ahmad Syaikhu di bursa bakal calon Pilgub Jabar dengan elektabilitas 1 persen. Disusul oleh Desy Ratnasari 0,8 persen, Deddy Mizwar 0,8 persen, Alfiansyah Komeng 0,8 persen, dan tokoh-tokoh lainnya 3,6 persen.

Meskipun elektabilitas Ridwan Kamil tak tertandingi, namun jumlah responden yang belum menentukan pilihan mencapai 41 persen.

Litbang Kompas menggelar survei dengan wawancara tatap muka pada 15-20 Juni 2024. Ada 500 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di Provinsi Jawa Barat.

Survei memiliki margin of error penelitian kurang lebih 4,38 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Rekomendasi