Survei Litbang Kompas soal Pilgub DKI: Anies Tertinggi, Disusul Ahok, Ridwan Kamil Paling Buncit

| 16 Jul 2024 16:35
Survei Litbang Kompas soal Pilgub DKI: Anies Tertinggi, Disusul Ahok, Ridwan Kamil Paling Buncit
Anies Baswedan dan Ahok. (Antara)

ERA.id - Litbang Kompas merilis survei terbaru terkait elektabilitas tokoh-tokoh yang diprediksi berlaga di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Hasilnya, nama Anies Baswedan masih menempati posisi teratas, kemudian diikuti oleh Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, dan Ridwan Kamil.

Dikutip dari survei yang dirilis pada Selasa (16/7/2024), elektabilitas Anies mencapai 29,8 persen. Di posisi kedua diisi oleh kader PDI Perjuangan, Ahok dengan elektabilitas 20 persen.

Sedangkan Ridwan Kamil meskipun berada di posisi ketiga, namun elektabilitasnya hanya 8,5 persen. Dibandingkan Anies dan Ahok, elektoral mantan gubernur Jawa Barat itu jauh tertinggal.

Selain itu, muncul juga nama-nama lain yang masuk dalam bursa bakal calon gubernur Jakarta namun elektabilitasnya di bawah 10 persen. 

Diantaranya yaitu Menteri BUMN Erick Thohir dengan elektabilitas 2,3 persen. Serta Menteri Keuangan Sri Mulyani 1,3 persen.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep ternyata hanya memiliki elektabilitas sebagai calon gubernur sebesar 1 persen. Diikuti oleh Mensos Tri Rismaharini 1 persen, Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono 1 persen, dan mantan Panglima TNI Andika Perkasa 1 persen.

Tokoh-tokoh lainnya berada di angka 4,3 persen. Sedangkan yang masih belum menentukan pilihan ada sebanyak 30 persen.

Survei Litbang Kompas menggunakan metode wawancara tatap muka di Jakarta pada tanggal 15-20 Juni 2024. Survei memiliki 400 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di Provinsi Jakarta.

Survei memiliki margin of error penelitian kurang lebih 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Rekomendasi