Usut Dugaan Korupsi di PT ASDP, KPK Sita Tiga Mobil

| 18 Jul 2024 10:00
Usut Dugaan Korupsi di PT ASDP, KPK Sita Tiga Mobil
Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur. (Era.id/Flori Sidebang)

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku sedang mengusut dugaan rasuah di lingkungan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero). Dalam penyidikan ini, penyidik telah menyita tiga mobil. 

"Ini perkara dengan ASDP (KPK) sudah melakukan upaya paksa (penyitaan) ya," kata Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (17/7/2024).

"Ada tiga unit mobil dan lain-lain (disita)," sambungnya.

Meski demikian, Asep belum menjelaskan lebih rinci soal kasus di perusahaan pelat merah tersebut. Dia hanya memastikan KPK bakal mengusut tuntas dugaan korupsi di perusahaan yang bergerak di bidang transportasi air ini.

“Ini baru masuk penyidikan. Kalau sudah melakukan penyidikan kami bisa melakukan upaya paksa,” tegas Asep.

Adapun dalam kasus ini, KPK juga sudah memanggil duasaksi pada Rabu (17/7). Mereka adalah eks VP Perencanaan Korporasi PT ASDP Tahun 2021-2022, Alwi Yusuf dan Wing Antariksa yang merupakan Direktur SDM PT ASDP 2017-2019.

Namun, Juru Bicara KPK Tessa Mahardika belum membuka soal materi pemeriksaan kedua saksi tersebut. Termasuk hadir atau tidaknya mereka.

Rekomendasi