KPK Cecar Anak SYL Soal Kepemilikan Aset Keluarga Terkait Dugaan TPPU di Kementan

| 18 Jul 2024 14:16
KPK Cecar Anak SYL Soal Kepemilikan Aset Keluarga Terkait Dugaan TPPU di Kementan
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (Antara)

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa anak mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Indira Chunda Thita pada Selasa (16/7). Penyidik mencecar dia soal kepemilikan aset keluarganya yang diduga berkaitan dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan SYL selama menjabat di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Didalami terkait kepemilikan aset SYL dan keluarganya," kata Juru Bicara KPK, Tessa Mahardika saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (18/7/2024)

Selain Indira Chunda Thita, KPK juga sebenarnya menjadwalkan pemeriksaan terhadap A Tenri Bilang Radisyah sebagai saksi dalam kasus ini. Namun, cucu SYL ini tidak memenuhi panggilan penyidik.

"Cucunya tidak hadir karena sakit," ungkap Tessa.

Adapun KPK telah menyita berbagai aset milik SYL terkait dugaan TPPU di Kementan yang menjeratnya.

Rinciannya, yakni satu rumah milik SYL yang disita pada 15 Mei. Rumah yang berlokasi di Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan itu diperkirakan bernilai Rp4,5 miliar. SYL diduga membeli aset tersebut menggunakan uang hasil pemerasan para ASN di Kementerian Pertanian (Kementan) yang dikumpulkan melalui orang kepercayaannya, yakni Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan tahun 2023. Muhammad Hatta (MH).

Kemudian, KPK menyita satu unit mobil mewah merek Mercedes Benz Sprinter 315 CD beserta satu kunci remote mobil. SYL diduga sengaja menyembunyikan dan memindahkan kepemilikan mobil berwarna hitam tersebut menggunakan identitas orang terdekatnya.

Adapun Tim Aset Tracing dari Direktorat Pelacakan Aset Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi KPK menemukan mobil ini disembunyikan di wilayah Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Selanjutnya, penyidik menyita satu unit Mercedes Benz Sprinter warna putih beserta satu kunci remote mobil yang juga diduga sengaja disembunyikan SYL. Mobil ini ditemukan di Perumahan Bumi Permata Hijau, Kelurahan Rappocini, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Di sebuah lahan kosong di sekitar perumahan tersebut, KPK juga menemukan satu unit Mitsubishi Pajero Sport Dakar warna putih beserta sebuah kunci remote mobil. Orang terdekat SYL diduga sengaja menyembunyikan kendaraan ini.

Selain itu, KPK juga menyita mobil dan motor di Perumahan The Orchid, Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Rinciannya, yakni satu mobil New Jimny warna ivory beserta sebuah kunci, dan satu motor Honda X-ADV 750 CC warna dominan silver beserta tiga buah kunci.

Rekomendasi