PUPR Telah Rampungkan Bangunan "Club House" Rumah Tapak Menteri IKN

| 30 Jul 2024 21:40
PUPR Telah Rampungkan Bangunan
Bangunan Club House di kawasan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), IKN, Kalimantan Timur, Selasa (30/7/2024). ANTARA/Andi Firdaus

ERA.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pembangunan satu unit club house dan pengisian perabotan di 12 unit Rumah Tapak Jabatan Menteri Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Rumah menteri sebanyak 14 dari 36 unit sudah siap furnished," kata Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dikutip dari Antara, Selasa (30/7/2024).

Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) berlokasi di Jalan Sumbu Barat berjarak sekitar 1 kilometer dari Istana Negara IKN.

Akses jalan dari arah Istana Negara IKN menuju ke lokasi RTJM belum seluruhnya dibeton, kecuali Jalan Sumbu Barat yang telah berbeton di satu jalurnya.

Kawasan RTJM juga telah ditunjang prasarana fungsional, yaitu jalan kawasan di persil 105, persil 105, pedestrian persil 105. Fasilitas pendukung fungsional yaitu pool sampah hingga rumah genset.

Pada sore itu, sejumlah pekerja konstruksi tampak mengerjakan menuntaskan pengecoran fondasi pada beberapa rumah yang belum rampung.

Beberapa pekerja juga tampak memasang struktur utama seperti dinding dan atap, pemasangan jendela dan pintu, serta melakukan finishing interior seperti pemasangan lantai dan pengecatan.

Pembangunan RTJM didesain dengan merespons kondisi topografi berkontur, terdiri atas dua tipe rumah yang mengikuti kontur lahan, yaitu tipe upslope atau lantai rumah di atas as jalan, serta downslope dengan lantai ruangan di bawah as jalan.

Pekerja konstruksi di lokasi tersebut mematuhi standar keselamatan dan mengikuti rencana yang telah dibuat oleh arsitek.

Ruangan di dalam rumah menteri tidak dapat diekspos, sebab masih dalam proses pembenahan setelah Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri bermalam di rumah yang telah rampung dibangun, Senin (30/7).

Berjarak selemparan batu dari salah satu rumah menteri yang digunakan Jokowi menginap, berdiri satu unit club house yang menyisakan pengerjaan pernis pada dinding depan bermotif batu.

Club house dengan bangunan memanjang serta berdesain modern kontemporer itu menjadi fasilitas para menteri di tengah klaster perumahan untuk beraktivitas, dan juga tersedia balkon dengan jarak pandang ke kawasan IKN.

Pada ruangan utama club house terdapat deretan sofa dan meja berikut meja kopi yang di sampingnya sedang dibangun fasilitas kolam renang.

Rekomendasi